BINGUNG CARA MEMULAI OLAHRAGA UNTUK PEMULA? YUK IKUTI PANDUAN INI

Ladies, memutuskan untuk mulai berolahraga adalah langkah awal untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Bagi sebagian pemula merasakan bingung harus mulai darimana dan apa saja yang harus dilakukan pada saat olahraga. Jika kamu sedang merasa bingung apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan jika baru ingin memulai olahraga secara rutin? Maka ini adalah artikel yang cocok untuk kamu nih Ladies.

Kenapa Harus Berolahraga?

Umumnya olahraga memiliki manfaat untuk mencapai atau mempertahankan berat badan dan massa otot, serta dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Pada artikel yang pernah kami bahas menunjukkan bahwa olahraga dapat memperbaiki mood dan meningkatkan kesehatan mental. Tidak hanya itu saja, olahraga dan diet menurunkan berat badan juga saling melengkapi. Dengan memadukan pola makan yang bergizi seimbang dan olahraga teratur, Ladies dapat mencapai berat badan yang ideal serta tubuh yang lebih terbentuk.

Panduan Untuk Memulai Olahraga Bagi Pemula

Ladies, tidak perlu takut untuk memulai hal-hal yang baik seperti berolahraga ya. Selama kamu mengikuti panduan yang tepat, maka kamu dapat memulai olahraga dengan baik dan tentunya dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara bertahap.

1. Konsultasikan dengan Tenaga Kesehatan

Sebelum memutuskan untuk mulai berolahraga, disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Hal tersebut agar kamu mengetahui jenis olahraga apa yang tepat untuk olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik kamu loh Ladies.

2. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Langkah selanjutnya adalah tetapkan tujuan yang realistis, pertimbangkan apa yang ingin Ladies capai melalui olahraga ini. Apakah ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kebugaran kardiovaskular atau meningkatkan massa otot? nah dengan menetapkan tujuan yang jelas, kamu dapat fokus pada program latihan yang akan atau sudah dipilih.

3. Pilih Olahraga yang Kamu Suka

Bisa loh Ladies memilih olahraga yang kamu suka, karena kalau menyukai apa yang dilakukan, kemungkinan besar kamu akan berkomitmen pada program olahraga tersebut. Beberapa olahraga populer untuk pemula termasuk berjalan, berlari, bersepeda, berenang, yoga, dan latihan kekuatan. Cobalah beberapa olahraga yang berbeda dan kamu bisa temukan mana olahraga yang paling sesuai dengan minat dan gaya hidup kamu.

4. Mulailah dengan Perlahan

Tenang Ladies, jangan terlalu bersemangat dan langsung memulai dengan intensitas yang tinggi. Mulailah dengan perlahan dan tingkatkan intensitas latihan kamu secara bertahap ya. Tentunya hal tersebut dapat membantu tubuh kamu beradaptasi dengan aktivitas yang baru dan bisa mengurangi risiko cedera. Misalnya, jika baru mulai berjalan, mulailah dengan jarak pendek dan tingkatkan jaraknya setiap minggu.

5. Tetap Konsisten

Ingat ya Ladies, konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam olahraga. Tetapkan jadwal rutin berolahraga dan usahakan untuk terus merealisasikannya. Cari dan pilihlah waktu yang sesuai untuk berolahraga sesuai dengan pola aktivitas harianmu. Kamu bisa pilih salah satu waktu berolahraga antara pagi, siang, atau malam hari.

6. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pastikan sebelum memulai latihan, penting untuk melakukan pemanasan selama beberapa menit. Pemanasan membantu mempersiapkan tubuh kamu untuk berolahraga yang lebih intens dan mengurangi risiko cedera. Setelah latihan, jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan yang melibatkan peregangan otot untuk mengurangi ketegangan dan memulihkan tubuhmu.

7. Perhatikan Pola Makan dan Istirahat yang Cukup

Perlu diingat kembali, untuk memaksimalkan hasil dari olahraga yang sedang kamu jalani, maka perlu memperhatikan pola makan ya Ladies. Pastikan konsumsi makanan yang kaya akan zat gizi dan cukup energi untuk mendukung kegiatan fisik kamu. Selain itu, istirahat yang cukup untuk memulihkan diri setelah latihan yang intens.

8. Jaga Motivasi Diri Agar Tetap Konsisten

Penting untuk menjaga motivasi kamu selama berolahraga. Ladies bisa loh cari teman berolahraga, mengikuti kelas olahraga, atau ikuti challenge dalam olahraga untuk mempertahankan semangat kamu. Ingat juga untuk rayakan pencapaian kecil dan catatlah progress kamu, agar Ladies tahu perubahan perkembanganmu dari awal.

Jadi Ladies, dengan mengikuti panduan ini kamu dapat memulai olahraga dengan baik sehingga dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara bertahap. Tetaplah konsisten, bersabar, dan nikmati tiap prosesnya.

Sumber:

American College of Sports Medicine. (2018). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription.

How to Start Exercising: A Beginner’s Guide to Working Out,” Healthline, Mar. 02, 2017.https://www.healthline.com/nutrition/how-to-start-exercising (accessed Jul. 05, 2023).

Artikel Lainnya