Yuk Bangun Rasa Percaya Diri dengan Afirmasi Positif!

Ladies, untuk membangun rasa percaya diri perlu dimulai dari diri sendiri, salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan mempraktikkan afirmasi positif. Afirmasi positif dapat membantumu merasa lebih percaya diri akan apa yang kamu miliki dan apa yang mampu kamu lakukan.

Tapi, apa sih sebenarnya afirmasi positif itu? Bagaimana mempraktikkannya? Yuk simak jawabannya dalam ulasan berikut!

Apa yang Dimaksud Afirmasi Positif?

Afirmasi positif didefinisikan sebagai suatu ungkapan atau pernyataan positif yang digunakan untuk membantu kamu dalam melawan pikiran negatif yang membuatmu meragukan dirimu sendiri.

Manfaat Mempraktikkan Afirmasi Positif

Penelitian menunjukkan bahwa afirmasi diri dapat memprogram ulang otak dan membantu kita menjaga kepercayaan diri, bahkan di masa-masa sulit. Selain meningkatkan rasa percaya diri, beberapa manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari mempraktikkan afirmasi positif seperti:

  • Mengurangi stres – pikiran negatif seringkali membuat stres, menggantinya dengan afirmasi positif akan membantumu mengurangi stres.
  • Lebih mencintai diri sendiri – ini mendorong kita untuk memperlakukan diri sendiri dengan lebih baik, termasuk menjaganya dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.
  • Meningkatkan harga diri – afirmasi positif akan menumbuhkan pandangan yang lebih positif tentang diri sendiri dan membuatmu sadar bahwa dirimu berharga.
  • Mampu berpikir lebih positif dan optimis – afirmasi positif membantu menggantikan keyakinan negatif dan pesimis dengan pikiran yang lebih positif dan optimis.
  • Lebih termotivasi – mencintai diri sendiri dengan afirmasi positif akan membuat kita lebih termotivasi dalam meraih tujuan.
Baca :   Kopi Decaf, Alternatif Bagi Kamu yang Ingin Mengurangi Asupan Kafein

Contoh Afirmasi Positif

  • Saya orang yang kuat dan terampil.
  • Saya mencintai diri saya dan menghargainya, oleh karenanya saya akan merawatnya.
  • Saya cantik, baik dari dalam dan luar.
  • Tubuh saya indah apa adanya, saya akan merawat dan menjaganya dengan menjalani gaya hidup sehat.
  • Saya telah melewati hal-hal sulit di masa lalu, dan saya dapat menaklukannya lagi.
  • Saya telah melewati tantangan, dan saya akan menjadi lebih tangguh.

Mempraktikkan Afirmasi Positif

Mempraktikkan afirmasi positif tidak harus berarti mengulangi satu kalimat berulang kali setiap hari. Tapi, tentang bagaimana kamu menegaskan dan mengganti pikiran negatif dengan pembicaraan lebih positif pada diri sendiri. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Mengucapkan dengan lantang sambil berdiri di depan cermin.
  • Menuliskan di catatan dan menempatkannya di tempat yang sering kamu lihat sebagai pengingat.
  • Gunakan sebagai inspirasi latihan, seperti menyemangati diri saat berlari, berjalan, atau sesi olahraga lainnya.
  • Menuliskan di jurnal dan membacanya setiap kali kamu merasa sulit.

Ladies, mempraktikkan afirmasi positif membantumu melawan pikiran negatif yang kerap membuatmu meragukan dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu akan menemukan bahwa dirimu berharga. Kamu akan lebih percaya diri akan apa yang ada pada dirimu dan bisa kamu lakukan.

Baca :   APAKAH BISA MENURUNKAN BERAT BADAN DALAM SEMALAM? YUK CARI TAHU FAKTANYA

Sumber:

Cascio, C. N., O’Donnell, M. B., Tinney, F. J., Lieberman, M. D., Taylor, S. E., Strecher, V. J., & Falk, E. B. (2016). Self-affirmation activates brain systems associated with self-related processing and reward and is reinforced by future orientation. Social cognitive and affective neuroscience11(4), 621–629. https://doi.org/10.1093/scan/nsv136

Gupta, S. (2024). 25 Self-Love Affirmations to Remind You of Your Worth. https://www.verywellmind.com/25-self-love-affirmations-8553223

Moore, C. (2019). Positive Daily Affirmations: Is There Science Behind It?. https://positivepsychology.com/daily-affirmations/

Rana, M. (2018). Positive Affirmations and its Benefits on Psychological Well-Being. Edu World. ISSN: 2319-7129. Vol. IX, Number 2.

Taylor, M. (2022). What to Know Abooyt Positive Affirmations. https://www.webmd.com/balance/what-to-know-positive-affirmations

Baca :   Lebih Percaya Diri dengan Tubuh Ideal Bersama WRP Body Shape

Wisner, W. (2023). 25 Positive Daily Affirmations to Recite for Your Mental Health. https://www.verywellmind.com/positive-daily-affirmations-7097067

Artikel Lainnya