Tips Menghadapi Rasa Insecure Terhadap Tubuh (Body Insecurity)

Tips Menghadapi Rasa Insecure Terhadap Tubuh (Body Insecurity)

Ladies, siapa nih yang kerap merasa insecure akan penampilan fisik yang dimiliki? Jika kamu memiliki persepsi negatif terhadap tubuh atau penampilanmu, kamu mungkin merasa insecure atau tidak aman. Hal ini dapat membuatmu merasa kurang percaya diri dan membuatmu merasa minder saat bergaul dengan orang lain.

Insecure bisa membuat seseorang tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara maksimal. Hal ini tentu bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Bahkan, orang yang terus merasa insecure bisa kehilangan pekerjaannya.

Seseorang yang mengalami insecure cenderung merasa dirinya tidak berharga, enggan bersosialisasi, dan mudah stres. Selain itu, insecure yang tidak ditangani dengan tepat juga berisiko menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan mental, yaitu gangguan kecemasan, gangguan makan, hingga depresi.

Oleh karena itu, penting untuk bisa mengatasi rasa insecure kamu dan membuatmu lebih percaya diri akan penampilanmu. Bagaimana caranya? Yuk simak tipsnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud Insecure?

Insecure adalah istilah yang diartikan sebagai keadaan dimana seseorang merasa tidak aman, di mana ada perasaan takut terhadap sesuatu yang dipicu oleh rasa tidak puas atau tidak yakin akan kapasitas diri sendiri.

Baca :   TANDA TUBUHMU CRAVING OLAHRAGA

Setiap orang mungkin pernah mengalami insecure. Rasa insecure ini dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek kehidupan, termasuk kehidupan sosial, pekerjaan, dan sebagainya. Namun, seringkali juga dipengaruhi oleh citra tubuh, yakni cara kamu dalam memandang tubuhmu sendiri dan bagaimana perasaanmu tentang penampilan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki citra tubuh yang negatif atau merasa tidak puas dengan bentuk tubuh dan penampilanmu, kamu mungkin akan mengalami body insecurity (rasa tidak aman terhadap tubuh).

Apa Penyebab Body Insecurity?

Beberapa faktor dapat menjadi pencetus munculnya body insecurity, dan seringkali dipengaruhi oleh media. Melalui televisi, internet, atau media sosial, kita dibombardir dengan gambaran standar kecantikan yang tidak realistis. Seperti gambaran tubuh ideal yang melekat di masyarakat bahwa wanita cantik itu yang memiliki tubuh kurus, sedang bagi pria, tubuh berotot adalah bentuk tubuh ideal. Hal ini dapat menyebabkan banyak orang mengembangkan persepsi negatif akan penampilan dan bentuk tubuh mereka, serta mempertanyakan apakah mereka sudah memenuhi standar ideal yang digaungkan oleh banyak media.

Baca :   Bukan Berubah Menjadi Otot, Berikut Penjelasan Kemana Perginya Lemak Setelah Dibakar

Cara Mengatasi Body Insecurity

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi body insecurity ini, di antaranya seperti:

  • Hargai apa yang bisa tubuhmu lakukan

Pikirkanlah apa yang tubuhmu sudah lakukan dan hargai itu.  Tubuhmu membantumu berjalan, bernapas, mencerna makanan, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

  • Stop membandingkan dirimu dengan orang lain

Setiap individu terlahir dengan keunikannya masing-masing, itulah yang membuatmu istimewa. Jadi, janganlah kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, sebab setiap orang cantik dengan keistimewaannya masing-masing.

  • Jangan melulu berfokus pada berat badan

Gambaran tubuh ideal yang ada di masyarakat kerap membuat banyak orang cenderung fokus pada berat badan dan memikirkan cara mendapatkan tubuh kurus yang dianggap ideal. Padahal, kurus belum tentu ideal. Tubuh ideal ialah tubuh dengan berat badan dan komposisi tubuh yang sehat. Jadi, hindari hanya berfokus pada berat badan saja, tapi coba tetapkan goals lainnya, seperti menjadi lebih sehat, tidak mudah lelah saat beraktivitas, dsb.

  • Praktikkan afirmasi positif

Mempraktikkan afirmasi positif akan membantumu melawan pikiran-pikiran negatif yang kerap muncul di kepala dan pikiranmu. Cobalah katakan dan tegaskan pada dirimu bahwa kamu berharga, kamu cantik, kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik, dsb.

  • Bersikap kritis terdadap media sosial
Baca :   Benarkah Buang Air Kecil Bisa Menurunkan Berat Badan?

Apa yang kamu lihat di media sosial tak melulu nyata, tidak realistis dan terkadang informasi yang beredar pun tidaklah berdasarkan bukti yang valid atau kredensial. Jadi, jangan serta merta menerima informasi yang ada di media sosial.

Ladies, itulah beberapa tips untuk menghadapi rasa insecure terhadap tubuhmu. Semoga dengan menerapkan tips di atas kamu bisa menjadi lebih percaya diri akan penampilan dan bentuk tubuhmu ya.

Sumber:

Within. (2024). How to deal with and overcome body insecurity. https://withinhealth.com/learn/articles/understanding-body-insecurity

Putri, F., Firlly, A., Suhardi, R., Napitupulu, R. (2023). Self Love untuk Mengurangi Insecurity Terhadap Negative Body Image Perception. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, Volume XX, No. XX.

National Library of Medicine. (n.d.). Body Image Distortion (Archived). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK546582/

WebMD. (2022). Signs of Insecurity. https://www.webmd.com/mental-health/signs-insecurity

Artikel Lainnya