TAK HANYA MENYENANGKAN, BERENANG JUGA PUNYA BANYAK MANFAAT LHO

Ladies, renang merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan, sehingga banyak orang menjadikannya sebagai ajang rekreasi di akhir pekan maupun saat momen liburan. Bukan hanya itu, ternyata berenang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan lho ladies. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut!

Manfaat Berenang

Berenang adalah olahraga yang melibatkan otot tubuh secara keseluruhan (full-body exercise) dan termasuk latihan dengan dampak yang rendah, yang dapat dilakukan oleh semua orang dengan segala bentuk dan ukuran tubuh. Ada banyak manfaat yang ditawarkan olahraga yang satu ini, di antaranya sebagai berikut.

1.  Melatih Seluruh Otot Tubuh

Salah satu manfaat terbesar dari berenang ialah karena olahraga ini melibatkan seluruh tubuh, dari kepala hingga kaki. Berenang merupakan pilihan yang sangat baik untuk latihan seluruh tubuh. Saat berenang kita menggunakan hampir semua kelompok otot tubuh, termasuk otot lengan, bahu, dada, bokong, paha belakang dan depan, serta betis. Berenang termasuk ke dalam latihan kardio dan latihan kekuatan, di mana latihan ini bisa membantumu mengencangkan otot sambil membangun kekuatan dan ketahanan.

2. Memiliki Dampak yang Rendah

Berenang termasuk olahraga berdampak rendah (low-impact exercise), sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang yang menderita radang sendi, multiple sclerosisosteoporosis, atau kondisi sendi lainnya. Berenang dapat membantu mengurangi rasa sakit atau meningkatkan pemulihan dari cedera. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan osteoarthritis melaporkan pengurangan nyeri dan kekakuan sendi yang signifikan, serta mengalami lebih sedikit keterbatasan fisik setelah melakukan olahraga renang secara teratur 45 menit per hari, 3 kali dalam seminggu selama 3 bulan.

3. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Sama seperti bentuk latihan kardio lainnya, berenang juga mendukung kesehatan kardiovaskular. Olahraga renang yang dilakukan srcara teratur bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah ke otak.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ladies, jika tujuan kamu ingin menurunkan berat badan, maka renang bisa menjadi salah satu pilihan olahraga kamu. Berenang bisa menjadi cara yang efisien untuk membakar kalori. Seseorang dengan berat badan 73 kg membakar sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah – sedang. Orang yang sama bisa membakar hingga 715 kalori per jam dengan berenang di kecepatan yang lebih tinggi.

5. Membantu Mengatasi Stres

Sebuah studi meneliti efek berenang pada depresi dan stres. Peneliti memberikan kuesioner kepada 101 orang sebelum dan sesudah berenang. Dari 101 orang tersebut, 44 orang di antaranya merasa stres dan sedikit tertekan sebelum berenang. Setelah berenang, jumlah itu turun menjadi hanya 8 orang. Peneliti menyimpulkan bahwa berenang bisa membantu mengurangi stres dengan cepat. Meskipun demikian, diperlukan lebih banyak penelitian terkait hal ini.

Risiko Berenang

Berenang aman bagi kebanyakan orang. Namun, sama seperti jenis olahraga lainnya, berenang juga memiliki risiko tertentu. Misalnya, jika kamu terluka atau memiliki kondisi medis tertentu seperti psoriasis, mungkin akan lebih teriritasi di air kolam yang diklorinasi. Untuk itu, ada baiknya untuk konsultasikan kondisimu dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai berenang.

Risiko lain yang sering terjadi saat berenang ialah kram otot. Ini terjadi ketika otot lelah dan terlalu banyak digunakan, ketika perenang mengalami dehidrasi atau kekurangan elektrolit, atau ketika otot tegang dari sesi sebelumnya. Kram otot juga bisa terjadi jika kamu tidak melakukan pemanasan dengan baik sebelum berenang.

Selain itu, beberapa risiko cedera juga mungkin terjadi saat berenang. Cedera leher dan bahu adalah salah satu cedera yang paling umum dihadapi perenang. Hal ini dapat disebabkan karena latihan yang berlebihan, kurang istirahat, teknik berenang yang buruk, teknik pernapasan yang buruk, fleksibilitas atau rentang gerak yang buruk, serta kekuatan atau stabilitas otot yang buruk.

Tips Berenang

Untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi saat berenang, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantumu:

  • Berenanglah di area khusus, seperti di kolam renang atau di perairan yang diawasi oleh penjaga.
  • Pertimbangkan untuk mengambil pelajaran renang jika kamu baru memulai olahraga renang.
  • Gunakan pakaian renang yang sesuai dengan tubuhmu dan tidak membatasi gerakanmu. Jika perlu, gunakan peralatan renang yang tepat yang dapat membantumu selama berenang, seperti kacamata renang, topi renang, kickboard, dan pull buoys.
  • Lakukan peregangan otot sebelum berenang untuk menghindari kram otot dan cedera.
  • Jangan lupa untuk minum air, meskipun berada di dalam air membuatmu sejuk dan tidak haus, bukan berarti tubuhmu tidak bisa mengalami dehidrasi saat berenang.
  • Jika kamu berenang di area terbuka, gunakan tabir surya minimal SPF 15 atau lebih untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Atau kamu bisa menghindari berenang antara jam 10 pagi dan 4 sore, ketika matahari berada paling tinggi.

Ladies, itulah beberapa manfaat dari berenang. Bukan hanya menyenangkan dan bisa membantu mengurangi stres. Tapi, juga bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan, berdampak rendah sehingga bisa dilakukan siapa saja termasuk orang yang memiliki masalah sendi, bisa membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, hingga menurunkan berat badan. Ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan olahragamu ladies. Tapi, tetap ingat keamanan saat berenang ya ladies. Meskipun berenang aman bagi kebanyakan orang, tapi bukan berarti renang bebas dari risiko bahaya.

Sumber:

Alkatan, M., Baker, J., Machin, D., Park, W., Akkari, A., Pasha, E., & Tanaka, H. (2016). Improved Function and Reduced Pain after Swimming and Cycling Training in Patients with Osteoarthritis. The Journal Of Rheumatology43(3), 666-672. https://doi.org/10.3899/jrheum.151110

Chen, C.C, et al. (2015). The effect of swimming exercise on life stresss relief. International Journal of Physical Education, Sports and Health. 1(5): 51-53. https://www.kheljournal.com/archives/2015/vol1issue5/PartB/Sports-1-5-44-428.pdf

LaMarco, N. (2022). How to Start Swimming for Exercise. [online] Tersedia di: https://www.verywellfit.com/swimming-for-beginners-weight-loss-advice-3496001

Marcin, A. (2017). What Are the Top 12 Benefits of Swimming?. [online] Tersedia di: https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming

Mayo Clinic. (2021). Exercise for weight loss: Calories burned in 1 hour. [online] Tersedia di: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/exercise/art-20050999?pg=2

Swim England Masters. (n.d). Avoiding foot cramp when swimming. [online] Tersedia di: https://www.swimming.org/masters/swimfit-training-camp-avoiding-foot-cramp/#:~:text=Cramp%20occurs%20when%20a%20muscle,in%20the%20sole%20of%20foot.

UPMC Sports Medicine(n.d). Swimming Injuries: Tips, Prevention, and Treatment. [online] Tersedia di: https://www.upmc.com/services/sports-medicine/for-athletes/swimming#:~:text=Neck%20and%20shoulder%20injuries%20are,Rotator%20cuff%20tendonitis%20or%20tears

Yuan, W., Liu, H., Gao, F., Wang, Y., & Qin, K. (2016). Effects of 8-week swimming training on carotid arterial stiffness and hemodynamics in young overweight adults. Biomedical Engineering Online15(S2). doi: 10.1186/s12938-016-0274-y

Artikel Lainnya