SERING DIANGGAP SEPELE, INILAH 4 KEBIASAAN YANG BISA MEMAKSIMALKAN OLAHRAGAMU

Banyak yang tidak sadar bahwa ada beberapa kebiasaan yang biasanya dihindari agar mendapatkan hasil yang maksimal dari berolahrga. Namun sayangnya, justru hal yang dihindari malah bisa memaksimalkan olahraga serta hasil dari olahraga itu sendiri. Apa saja sih kebiasaan yang dimaksud? Yuk simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Makan setelah berolahraga

Ladies agar dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan otot dan mengembalikan simpanan glikogen, maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Sebaiknya Ladies konsumsi makanan dalam waktu 1-2 jam setelah berolahraga. Kamu bisa konsumsi makanan dan minuman berikut setelah berolahraga:

  • Yogurt dan buah
  • Sandwich selai kacang
  • Protein bar
  • Telur, ikan tuna, ayam tanpa kulit dan lain-lain
  • Susu rendah lemak
  • WRP Active Body Shape

Penelitian menunjukkan konsumsi 20-40 g protein atau sekitar 0.4-0.5 g/ kg berat badan, cukup untuk meningkatkan pertumbuhan otot.

2. Penuhi cairan tubuh selama atau setelah berolahraga

Nah Ladies, kamu jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan selama atau setelah berolahraga karena tentunya bisa mencegah dehidrasi. Agar tetap terhidrasi dengan baik kamu bisa mengikuti rekomendasi asupan cairan menurut American College of Sports Medicine sebagai berikut:

  • Minum air sekitar 2-3 gelas (473 hingga 710 ml) selama 2 hingga 3 jam sebelum olahraga.
  • Minum air sekitar 1/2-1 gelas (118 hingga 237 ml)  setiap 15 hingga 20 menit selama olahraga.

Ladies, umumnya minum air memang cara terbaik untuk mengganti cairan yang hilang. Tetapi jika kamu berolahraga selama lebih dari 60 menit, minumanlah cairan yang dirancang khusus untuk kegiatan olahraga. Minuman tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Sehingga kamu bisa konsumsi WRP Coco Splash selama atau setelah berolahraga. WRP Coco Splash ini adalah minuman dengan air kelapa menyegarkan yang dapat diminum kapan pun, terutama selama dan setelah berolahraga untuk membantu memenuhi dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu WRP Coco Splash dapat memenuhi 100% kebutuhan vitamin C harian dan dilengkapi dengan fat burner loh. Sehingga sangat cocok dengan wanita yang aktif dan ingin menjaga tubuhnya tetap ideal.

3. Mengkombinasikan jenis olahraga

Nah ini juga menjadi hal yang sering dilupakan dan dianggap remeh. Padahal jika mengkombinasikan jenis olahraga yaitu kardio dan kekuatan, hasil yang didapat justru bisa maksimal dibanding dengan fokus hanya dengan satu jenis olahraga. Mulai sekarang silakan kamu kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan, karena bisa meningkatkan pembakaran lemak. Idealnya, lakukan olahraga selama 30 menit dengan frekuensi olahraga kardio 5 hari dalam satu minggu dan latihan kekuatan setidaknya 2-3 kali dalam satu minggu.

4. Tidur yang cukup

Ladies, tidur yang cukup juga dapat mempengaruhi performa dan hasil dari olahraga kamu loh. Sehingga, apabila memang terasa lelah dan mengantuk bisa lakukan istirahat sejenak sekitar 10-15 menit untuk bantu kamu untuk memulihkan energi setelah habis berolahraga. Lalu, kamu dapat dilanjutkan istirahat dengan tidur yang berkualitas selama 7-9 jam pada malam hari. Selain itu, bisa juga mengonsumsi WRP Body Shape Chococino atau Red Berries satu jam sebelum dan sesudah berolahraga untuk bantu memaksimalkan dan memulihkan fungsi otot kamu.

Jadi Ladies, pastikan kembali ya jika ingin tetap menjaga berat badan ideal tanpa menurunkan massa otot maka kamu perlu perhatikan 3 kebiasaan di atas. Walaupun terlihat ‘receh’ namun kebiasaan tersebut sangat berdampak loh pada hasil olahragamu. Lalu, kapan nih kamu mulai untuk berolahraga?.

Sumber

Mayo Clinic Staff. 2021. Eating and exercise: 5 tips to maximize your workouts – Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20045506

Walle G. 2023. Bodybuilding Meal Plan: What to Eat, What to Avoid. https://www. healthline.com/nutrition/bodybuilding-meal-plan

Artikel Lainnya