RAGAM MANFAAT BUAH-BUAHAN LOKAL UNTUK KESEHATAN

Girls, Kemenkes RI menganjurkan kita untuk mengonsumsi buah 2-3 porsi sehari sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang. Buah mengandung sejumlah zat gizi penting bagi tubuh, termasuk serat, vitamin dan mineral. Mengonsumsi buah setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi harianmu dan pastinya bermanfaat bagi kesehatan.

Beruntungnya girls, kita tinggal di Indonesia, negara yang kaya dengan berbagai jenis tanaman, termasuk tamanan yang menghasilkan buah. Ada beragam jenis buah-buahan lokal, dan artikel kali ini akan mengulas beberapa macam buah-buahan lokal beserta dengan manfaatnya.

Simak informasi lengkapnya yuk!

Aneka Ragam Buah Lokal dan Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Pepaya

Pepaya atau yang memiliki nama latin Carica papaya, merupakan jenis buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah yang memiliki warna oranye dan rasa yang manis ini ternyata memiliki banyak manfaat lho. Beberapa manfaat pepaya di antaranya termasuk:

  • Meningkatkan imunitas tubuh. Pepaya kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel tubuh dari stres oksidatif akibat paparan radikal bebas. Sepotong pepaya (100 g) mengandung vitamin C sebanyak 60,9 mg yang setara dengan 68% kebutuhan vitamin C harian.
  • Mencegah risiko kanker. Kandungan antioksidan termasuk vitamin C dan beta karoten dalam buah pepaya juga dapat membantu mencegah risiko kanker. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan stress oksidatif yang merusak sel tubuh dan menyebabkan kanker.
  • Membantu menurunkan berat badan. Konsumsi serat dapat membantu memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mencegahmu dari keinginan makan berlebih. Hal ini dapat membantu kamu dalam upaya penurunan berat badan. Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya serat di mana dalam sepotong (100 g) pepaya mengandung serat sebanyak 1,7 g.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain kaya serat, buah pepaya juga kaya akan kandungan air, di mana 88% dari buah pepaya merupakan air. Konsumsi air dan serat yang cukup merupakan syarat untuk membuat pencernaan lebih sehat dan lancar, serta terhindar dari risiko sembelit.
  • Mengurangi peradangan. Pepaya mengandung enzim yang dikenal sebagai papain yang dapat menghambat produksi sitokin, yakni kelompok protein yang dilepaskan selama peradangan.
  • Membuat kulit sehat. Vitamin C dalam pepaya dapat mendukung produksi kolagen, protein yang Menyusun jaringan tubuh, termasuk kulit, kuku, dan rambut. Konsumsi vitamin C yang cukup dapat membuat kulit tetap sehat.

2. Nangka

Buah eksotis yang satu ini identic dengan ukurannya yang bersar dan kulitnya yang berduri. Bagian daging buahnya sendiri berwarna kuning dan memiliki rasa serta aroma yang khas. Orang dengan penyakit maag atau masalah lambung kerap menghindari buah yang satu ini lantaran bergas dan dapat membuat perut kembung. Tapi, kandungan gizi dalam buah nangka ternyata punya banyak manfaat lho girls. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi nangka:

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam buah nangka bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. 100 g buah nangka dapat memenuhi 12,3% kecukupan serat harianmu.
  • Mengurangi risiko hipertensi. Kandungan kalium dalam buah nangka dapat membantu mengurangi risiko hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Per 100 g buah nangka mengandung kalium sebanyak 407 mg atau setara dengan hampir 9% dari kebutuhan kalium harian.
  • Menjaga kesehatan jantung. Kadar tembaga yang rendah berkaitan dengan kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi, yang mana keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Asupan tembaga yang cukup dapat menjaga Kesehatan jantung. Kamu bisa memperoleh tembaga dari makanan, salah satunya buah nangka yang kandungan tembaganya mencapai 30% dari angka kecukupan gizi harian. Tembaga juga berperan dalam menjaga Kesehatan tulang dan meningkatkan imunitas tubuh.
  • Kaya antioksidan. Warna kuning dalam buah nangka dihasilkan dari kandungan beta-karoten di dalamnya. Beta-karoten merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

3. Pisang

Ada banyak jenis pisang di Indonesia, termasuk pisang kepok, pisang raja, pisang ambon, pisang mas, pisang barangan, dll. Pisang merupakan buah yang kaya serat dan dikenal juga sebagai buah yang kaya akan kandungan kalium. Buah yang satu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan berkat kandungan gizi di dalamnya, di antaranya yaitu:

  • Membantu menurunkan berat badan. Pisang mengandung serat pangan dan pati resisten yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga mencegahmu dari keinginan makan berlebih.
  • Menjaga kadar gula darah tetap normal. Kandungan serat dalam buah pisang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal
  • Meningkatkan Kesehatan pencernaan. Pati resisten dalam buah pisang merupakan prebiotik, yakni makanan bagi bakteri baik di usus. Sementara pectin yang merupakan serat dalam buah pisang dapat membantu mencegah konstipasi dan membuat pencernaan lebih lancar.
  • Menurunkan tekanan darah. Pisang merupakan sumber kalium yang baik. Konsumsi kalium dapat mencegah risiko hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dalam 1 buah pisang berukuran sedang kandungan kaliumnya mencapai 422 mg
  • Meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan magnesium di dalam buah pisang bermanfaat untuk Kesehatan jantung. Kekurangan asupan magnesium berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung, peningkatan tekanan darah, dan kadar lemak dalam darah yang tinggi.

4. Salak

Salak atau Salacca zalacca merupakan buah dari tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Buah yang satu ini identik dengan kulit yang bersisik berwarna cokelat. Itulah mengapa buah ini juga dikenal sebagai snake fruit, karena kulitnya mirip dengan kulit ular. Buah yang satu ini memiliki tekstur yang sedikit mirip buah apel dengan rasa manis dan sedikit asam. Kandungan gizi dalam buah salak memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan, termasuk:

  • Melancarkan BAB. Sering dianggap dapat menyebabkan sembelit, padahal sebaliknya salak justru dapat melancarkan BAB berkat kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat dalam 100 g salak mencapai 3,2 g. Konsumsi serat yang cukup dapat meningkatkan Kesehatan pencernaan dan melancarkan BAB (buang air besar).
  • Membantu menurunkan berat badan. Selain melancarkan BAB, asupan serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, karena serat mampu mengisi lambung dan memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari keinginan makan berlebih.
  • Meningkatkan daya ingat. Berkat kandungan beta-karoten, pektin, dan kalium di dalam buah salak dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat.
  • Meningkatkan kesehatan mata. Antioksidan beta-karoten dalam buah salak juga bermanfaat unuk meningkatkan Kesehatan mata dan memberi perlindungan bagi lapisan permukaan mata. Konsumsi makanan yang mengandung beta-karoten dapat membantu mengurangi risiko katarak progresif dan degenerasi macula.
  • Meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam salak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini mengurangi ketegangan pada arteri dan pembuluh darah lainnya serta mengurangi ketegangan pada system kardiovaskular.

5. Apel

Apel merupakan buah yang terkenal di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.  Meskipun buah ini bukanlah buah asli Indonesia. Namun, di Indonesia sudah banyak dibudidayakan. Salah satu jenis apel yang terkenal di Indonesia yakni apel Malang. Apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya termasuk:

  • Membantu menurunkan berat badan. Apel tinggi akan kandungan serat dan air. Hal ini membuat apel cukup mengenyangkan ketika dikonsumsi. Sebaiknya konsumsi buah apel beserta kulitnya, karena kulit apel mengandung setengah dari kandungan serat dan sebagian besar polifenol terkandung dalam kulit buah apel.
  • Meningkatkan kesehatan jantung. Selain mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah, apel juga mengandung polifenol seperti epikatekin flavonoid yang dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah arteri.
  • Meningkatkan kesehatan usus. Apel merupakan sumber pektin, yakni serat yang berperan sebagai prebiotik atau makanan bagi bakteri baik di usus yang berperan penting bagi Kesehatan pencernaan.
  • Mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Ini karena Apel mengandung polifenol seperti quercetin dan phloridzinQuercetin dapat mengurangi resistensi insulin yang merupakan faktor risiko penyakit diabetes tipe 2. Sedangkan phloridzin dapat mengurangi penyerapan gula di usus yang berkontribusi pada penurunan gula darah, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes.

Girls, itulah beberapa jenis buah-buahan lokal beserta manfaatnya bagi kesehatan. Bukan hanya membantu meningkatkan kesehatan dan membantumu memenuhi kebutuhan gizi harian, mengonsumsi buah-buahan lokal juga dapat membantu perekonomian petani lokal lho.

Kamu bisa mengonsumsi buah kapan pun, baik itu saat makan utama atau untuk sekedar nyemil. Tahukah kamu? Kamu bisa lho mendapatkan beragam manfaat buah-buahan lokal tersebut dengan mengonsumsi WRP Delichips Mix Fruit, keripik yang dibuat dari campuran buah-buahan lokal seperti pepaya, nangka, pisang, salak, dan apel. Bukan hanya kaya serat, WRP Delichips Mix Fruit juga kaya akan vitamin, dan pastinya rasa manisnya alami dari buah tanpa adanya tambahan pemanis. Diolah menggunakan vacuum frying jadi lebih sehat, karena penyerapan minyak lebih sedikit, kandungan gizi, rasa, aroma, dan warna alami buah lebih terjaga. Cocok banget jadi camilan sehat kamu saat diet.

Sumber:

Bjarnadottir, A and Shoemaker, S. (2023). 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas. [online] Tersedia di: https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas

Booth, S. (2023). Health Benefits of Jackfruit. [online] Tersedia di: https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-jackfruit

Harris-Ray, N. (2022). Health Benefits of Snake Fruit. [online] Tersedia di: https://www.webmd.com/diet/health-benefits-of-snake-fruit

Meyer, A. (2022), Is Papaya Good for You?. [online] Tersedia di: https://www.eatingwell.com/article/8010876/health-benefits-of-papaya/

Artikel Lainnya