MENGANTUK SETELAH BEROLAHRAGA, TERNYATA INI PENYEBABNYA

Berolahraga adalah salah satu aktivitas positif yang memang harus dijadikan rutinitas ya Ladies. Tapi seiring berjalannya waktu pasti ada saja beberapa hal yang mengganggu terlaksananya hal tersebut. Mulai dari cuaca yang kurang mendukung jadi malas gerak, suasana hati yang sedang tidak baik, sampai hal yang sering terdengar akhir-akhir ini yaitu selalu mengantuk setelah berolahraga. Selain mengantuk, menguap juga sering terjadi ketika sedang berolahraga. Tapi Ladies tidak perlu khawatir, karena menguap pada saat berolahraga adalah efek pengaturan suhu dalam tubuh. Menguap bisa terjadi karena itu merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh yang terasa panas dan berkeringat pada saat berolahraga.

Cari Tahu Yuk Penyebab Mengantuk Setelah Berolahraga

Sering kali merasakan ngantuk setelah berolahraga memang menjadi salah satu pertanyaan besar ya Ladies. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa biasanya setelah berolahraga masih ada aktivitas lain yang masih ingin kita lakukan. Jika mengantuk ini sering terjadi, tentunya akan mengganggu aktivitas harian lainnya yang tidak kalah penting dan ini saatnya untuk kamu tahu penyebabnya.

1. Nutrisi harian belum terpenuhi

Pada saat kadar gula darah turun terlalu rendah, salah satu dampaknya adalah Ladies akan merasa lelah dan mengantuk. Sehingga pastikan sebelum olahraga Ladies sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk bantu mencegah hal tersebut dengan menstabilkan kadar gula darah. Waktu makan utama bergizi seimbang yang tepat adalah 3-4 jam sebelum berolahraga dan Ladies bisa konsumsi camilan dengan makanan sumber karbohidrat seperti roti gandum, pisang, oat dan lain-lain 1 jam sebelum berolahraga.

2. Dehidrasi

Faktor lain yang dapat membuat lelah dan mengantuk setelah berolahraga adalah dehidrasi. Pastikan kebutuhan cairan kamu sudah terpenuhi yaitu 8 gelas per hari, dan kebutuhan cairan semakin meningkat bila sedang banyak gerak atau berolahraga. Umumnya apabila kamu sedang dehidrasi akan merasakan haus yang berlebih, frekuensi buang air kecil lebih sedikit, warna urin lebih pekat, sembelit, kelelahan, kebingungan, sakit kepala, dan kram otot. Kamu juga bisa mengonsumsi Coco Splash selama atau setelah berolahraga, untuk membantu memenuhi dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu Coco Splash mengandung elektrolit yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

3. Memang sedang butuh istirahat

Ladies, ternyata merasa ngantuk setelah berolahraga bisa dikarenakan memang tubuh kamu sedang  membutuhkan istirahat. Sehingga, apabila memang terasa lelah dan mengantuk bisa lakukan istirahat sejenak sekitar 10-15 menit untuk bantu kamu untuk memulihkan energi setelah habis berolahraga. Lalu, kamu dapat dilanjutkan istirahat dengan tidur yang berkualitas selama 7-9 jam pada malam hari. Selain itu, bisa juga mengonsumsi WRP Body Shape Chococino atau Red Berries satu jam sebelum dan sesudah berolahraga untuk bantu memaksimalkan dan memulihkan fungsi otot kamu.

Jika Ladies sudah mengetahui beberapa penyebab mengantuk setelah berolahraga, maka silakan bisa langsung diterapkan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Terus semangat dalam melakukan kegiatan berolahraga ya Ladies.

Sumber:

American Council on Exercise: Top 10 Signs You’re Overtraining diakses 2022, https://www.acefitness.org/resources/everyone/blog/6466/overtraining-9-signs-of-overtraining-to-look-out-for

Healthline, diakses 2022,  Is It Normal to Take a Nap After a Workout

Johns Hopkins Medicine, diakses 2022, Exercising for Better Sleep

Live Strong, diakses 2022, 4 Reasons You’re So Tired After a Workout and What to Do About It. https://www.livestrong.com/article/380338-why-am-i-so-tired-after-exercising/

National Sleep Foundation, diakses 2022, What Happens When You Sleep?

University of Utah, diakses 2022, TOUGH WORKOUTS? YOU COULD BE DEHYDRATED.

Artikel Lainnya