Pentingnya Menjaga Work-Life Balance

Ladies, sebagai wanita aktif dengan banyak kesibukan, menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi itu sangat penting. Menjaga keseimbangan keduanya dapat membuatmu lebih produktif dan tetap aktif.

Namun, terkadang tuntutan pekerjaan yang padat kerap membuat seseorang justru bekerja terlalu keras dan malah mengabaikan kehidupan pribadinya. Hal ini tidaklah baik dan dapat memberikan dampak negatif bagi dirimu.

Artikel kali ini akan membahas mengenai pentingnya menjaga work-life balance dan bagaimana cara menjaganya. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Mengapa penting menjaga work-life balance?

Memiliki work-life balance penting untuk menjaga agar pekerjaan dan kehidupan pribadi bisa berjalan selaras berdampingan tanpa mengesampingkan salah satunya.

Contohnya seperti, ketika kamu mampu bekerja dengan baik dan mencapai target di tempat kerja tanpa mengorbankan kesehatan atau kebahagiaan pribadimu, serta dapat memprioritaskan apa yang penting bagi dirimu, dan lain sebagainya.

Sayangnya, beberapa hal mungkin bisa menyebabkan work-life balance menjadi buruk, seperti meningkatnya tanggung jawab di tempat kerja atau di rumah, bekerja overtime terus menerus, dsb. 

Baca :   Lari Tanpa Alas Kaki, Amankah?

Menjaga work-life balance memberikan banyak manfaat, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  • Menurunkan risiko stres
  • Meningkatkan kesejahteraan mental
  • Meningkatkan kesehatan fisik
  • Meningkatkan kualitas hubungan pribadi
  • Lebih produktif
  • Lebih bahagia

Bagaimana menjaga work-life balance?

Beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi diantaranya yaitu:

  • Manajemen waktu dengan skala prioritas

Manajemen waktu merupakan hal yang penting dalam menjaga work-life balance.  Memisahkan waktu antara kapan harus bekerja dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik, serta kapan perlu istirahat, menikmati waktu untuk diri sendiri dan bersama orang terdekat. Usahakanlah tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah, demikian pula sebaliknya tidak menggunakan jam bekerja untuk mengurus hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Untuk membantumu dalam manajemen waktu, kamu bisa menggunakan agenda, kalender, atau aplikasi untuk membantumu dalam mencatat daftar pekerjaan dan kegiatan apa saja yang perlu kamu lakukan beserta dengan tenggat waktunya. Urutkan pekerjaan atau kegiatan berdasarkan skala prioritas. Dengan manajamen waktu yang baik kamu bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efektif dan bisa memiliki waktu untuk kehidupan pribadimu.

  • Memberikan batasan dan menolak yang tidak perlu
Baca :   Mengatasi Perut Kembung? Berikut Penyebabnya

Bekerjalah sebaik mungkin sesuai dengan job description kamu. Tolak tugas atau pekerjaan yang tidak termasuk ke dalam job description kamu. Hindari juga untuk menghadiri undangan yang tidak terlalu penting. Kamu juga bisa memberikan batasan dalam hal komunikasi, kapan kamu akan offline, seperti saat kamu cuti atau di luar jam kerja tidak lagi mengurus pekerjaan. Kamu dapat memberi tahu orang lain jika kamu sedang cuti dan akan menghubunginya begitu sudah aktif bekerja kembali.

  • Dapatkan me time

Memiliki waktu yang bisa kamu nikmati untuk dirimu sendiri atau yang biasa dikenal dengan me time sangatlah penting. Me time dapat membantumu terhindar dari risiko stres yang mungkin terjadi di lingkungan pekerjaan atau mungkin kehidupan pribadimu. Dengan mendapatkan me time kamu bisa beristirahat atau melakukan hal-hal yang kamu sukai dan memanjakan dirimu. 

  • Jaga kesehatan

Jangan biarkan pekerjaanmu yang padat membuatmu mengabaikan kesehatanmu. Tetap jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup dan olahraga teratur. Meski sibuk, luangkanlah waktu untuk berolahraga sekitar 30 menit setiap hari, dan dapatkan tidur yang cukup 7-9 jam sehari. Dengan tubuh yang sehat kamu dapat bekerja lebih produktif.

Baca :   Konsumsi Alkohol Menghambat Kamu Mencapai Fitness Goals

Itulah seputar pentingnya menjaga work-life balance dan bagaimana cara menjaganya. Dengan memiliki work-life balance kamu bisa menikmati kehidupan dengan lebih baik, pekerjaan berjalan dengan baik, serta fisik dan mental yang sehat.

Sumber:

Digulio, S., & Byrne, C. (2024). Work-Life Balance: 7 Tips for Getting Better at It. [online] Tersedia di: https://www.everydayhealth.com/wellness/united-states-of-stress/does-work-life-balance-actually-exist-anymore/ 

Halodoc. (2023). Mengenal Work Life Balance dan Pentingnya bagi Karyawan. [online] Tersedia di: https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-work-life-balance-dan-pentingnya-bagi-karyawan 

Moulder, H. (2024). Unlocking Why Work-Life Balance Is Important (In 2024 &Beyond). [online] Tersedia di: https://www.coursecorrectioncoaching.com/why-work-life-balance-is-important/ 

Thomas, M. (2022). What Does Work-Life Balance Even Mean? [online] Tersedia di: https://www.forbes.com/sites/maurathomas/2022/07/26/what-does-work-life-balance-even-mean/?sh=fa0722726176 Yulia, D. (2022). Cara Meningkatkan Work-Life Balance. [online] Tersedia di: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1240/cara-meningkatkan-work-life-balance

Artikel Lainnya

No Content Available