APA BENAR NASI PUTIH DINGIN LEBIH BAIK UNTUK PENDERITA DIABETES?

Ladies, seseorang yang menderita penyakit diabetes memiliki masalah terhadap kontrol gula darah. Sehingga ia perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsinya, terutama sumber karbohidrat, termasuk nasi putih.

Penderita diabetes perlu membatasi asupan nasi putih, hal ini karena nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik ini menggambarkan seberapa cepat karbohidrat diubah menjadi glukosa. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, maka semakin cepat makanan tersebut menimbulkan lonjakan gula darah.

Tapi, tahukah kamu? Katanya nasi putih dingin lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes lho! Cari tahu faktanya yuk!

Apa yang membuat nasi putih dingin lebih baik bagi penderita diabetes?

Nasi putih dingin mengandung pati resisten lebih tinggi dibandingkan nasi putih yang baru di masak. Pati resisten ini merupakan jenis karbohidrat kompleks yang memiliki sifat menyerupai serat yang tidak dapat dicerna oleh usus halus, melainkan langsung bergerak ke usus besar untuk difermentasi. Jenis pati ini bermanfaat sebagai prebiotik atau makanan bagi bakteri baik di usus.

Jika umumnya tubuh akan mencerna pati menjadi glukosa, yang kemudian menyebabkan naiknya gula darah. Tapi, karena pati resisten tidak dapat dicerna oleh tubuh, pati resisten tidak akan berubah menjadi glukosa, sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa nasi putih masak yang didinginkan selama 24 jam pada suhu 4°C kemudian dipanaskan kembali dapat menurunkan respons glikemik dibandingkan nasi putih yang baru di masak. Hal ini karena, nasi putih yang didinginkan mengandung pati resisten lebih tinggi hingga 2,5 kali lipat dibandingkan nasi putih yang baru di masak.

Manfaat mengonsumsi nasi putih dingin bagi penderita diabetes

  1. Membantu mengontrol gula darah

Konsumsi nasi putih dingin dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sebab nasi putih dingin memiliki kandungan pati resisten yang lebih tinggi dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih yang baru matang.

  1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Sensitivitas insulin mengacu pada seberapa responsif sel tubuh terhadap insulin, yakni hormon yang mengontrol kadar gula darah. Konsumsi pati resisten dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel tubuh dapat merespons insulin dengan baik dan mengurangi resistensi insulin.

  1. Meningkatkan rasa kenyang

Sama seperti serat pada umumnya, konsumsi pati resisten dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga konsumsi nasi putih dingin dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol nafsu makannya.

  1. Meningkatkan Kesehatan pencernaan

Selain memberi rasa kenyang lebih lama, konsumsi serat juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Tak hanya itu, pati resisten juga merupakan prebiotic atau makanan bagi bakteri baik di usus, yang dapat mendukung fungsinya dalam menjaga Kesehatan pencernaan dan imunitas tubuh.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya masalah kontrol gula darah, penderita diabetes juga cenderung memiliki masalah terkait kadar kolesterol, di mana kadar kolesterol baik lebih rendah dibandingkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pati resisten dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan kolesterol total. Sehingga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Ladies, itu dia jawabannya, jadi benar ya bahwa nasi putih dingin lebih baik bagi penderita diabetes ketimbang nasi putih yang baru matang. Sebab, nasi putih dingin memiliki kandungan pati resisten yang lebih tinggi, sehingga tidak menimbulkan lonjakan gula darah.

Sumber: 

John Hopkins Medicine. (nd). What Is Resistant Starch?. [online] Tersedi di: https://hopkinsdiabetesinfo.org/what-is-resistant-starch/

Lang, A. (2020). Can You Eat Cold Rice?. [online] Tersedia di: https://www.healthline.com/nutrition/can-you-eat-cold-rice  

Lestari, D.A. (2022). Benarkah Nasi Dingin Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?. [online] Tersedia di: https://hellosehat.com/diabetes/tipe-2/nasi-dingin-untuk-diabetes/

Raman, R. (2023). Top Natural Ways to Improve Your Insulin Sensitivity. [online] Tersedia di: https://www.healthline.com/nutrition/improve-insulin-sensitivity

Rashed, A.A. et al. (2022) ‘Effects of resistant starch interventions on metabolic biomarkers in pre-diabetes and diabetes adults’, Frontiers in Nutrition, 8. doi:10.3389/fnut.2021.793414.

Sonia S, Witjaksono F, Ridwan R. Effect of cooling of cooked white rice on resistant starch content and glycemic response. Asia Pac J Clin Nutr. 2015;24(4):620-5. doi: 10.6133/apjcn.2015.24.4.13. PMID: 26693746. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26693746/

Yuan HC, Meng Y, Bai H, Shen DQ, Wan BC, Chen LY. Meta-analysis indicates that resistant starch lowers serum total cholesterol and low-density cholesterol. Nutr Res. 2018 Jun;54:1-11. doi: 10.1016/j.nutres.2018.02.008. Epub 2018 Mar 5. PMID: 29914662. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29914662/

Artikel Lainnya