CITRA TUBUH DAN BAGAIMANA MENINGKATKANNYA

Girls, banyak orang memiliki kekhawatiran tentang citra tubuh mereka, dimana kekhawatiran ini sering berfokus pada berat badan, tinggi badan, bentuk tubuh, warna kulit, dan sebagainya. Apakah kamu juga termasuk?

Apa yang dimaksud Citra Tubuh?

Menurut National Eating Disorder Association, citra tubuh atau body image adalah bagaimana seseorang melihat dirinya ketika bercermin atau ketika seseorang menggambarkan dirinya sendiri dalam pikirannya. Citra tubuh meliputi apa yang diyakini seseorang tentang penampilannya, bagaimana perasaannya mengenai tubuhnya sendiri, serta bagaimana ia merasakan dan mengontrol tubuhnya ketika bergerak.

Citra tubuh memiliki 4 aspek, diantaranya yaitu:

  1. Perceptual body image, merupakan cara kamu melihat tubuhmu. Ini tidak selalu merupakan representasi yang benar tentang penampilan kamu yang sebenarnya.
  2. Affective body image, merupakan perasaan kamu tentang tubuhmu. Perasaan mungkin termasuk kebahagiaan atau rasa jijik, tetapi seringkali dinilai sebagai kepuasan atau ketidakpuasan yang kamu rasakan tentang bentuk tubuh, berat badan, dan lainnya tentang tubuhmu.
  3. Cognitive body image, merupakan cara kamu berpikir tentang tubuhmu. Hal ini dapat menyebabkan keasyikan dengan bentuk tubuh dan berat badan.
  4. Behavioral body image, merupakan perilaku yang kamu lakukan sebagai akibat dari citra tubuh. ketika seseorang tidak puas dengan penampilan mereka, mereka mungkin akan mengasingkan diri atau menggunakan perilaku tidak sehat sebagai sarana untuk mengubah penampilan.

Citra Tubuh Positif vs Citra Tubuh Negatif

Setiap orang memiliki citra tubuh yang berbeda-beda, ada yang positif dan negatif. Kalau kamu termasuk yang mana?

Ciri-ciri Orang dengan Citra Tubuh Positif

Citra tubuh yang positif terjadi ketika kamu mampu menerima, menghargai, dan menghormati tubuhmu. Meskipun mungkin kamu tidak puas dengan aspek tubuhmu, namun kamu masih bisa menerima tubuhmu apa adanya terlepas dari segala kekurangannya. Seseorang yang memiliki citra tubuh positif akan menerima dan menghargai seluruh tubuhnya, termasuk tampilan dan apa yang bisa dilakukannya, memiliki konsep kecantikan yang luas bukan hanya sebatas cantik fisik saja, memiliki citra tubuh yang stabil.

Penelitian menunjukkan bahwa berfokus pada membangun kepercayaan diri dan citra tubuh yang positif dapat membantu mengurangi obesitas dan mencapai tujuan kesehatan yang lebih luas. Citra tubuh positif juga penting untuk mencegah seseorang mengembangkan gangguan makan atau eating disorder.

Ciri-ciri Orang dengan Citra Tubuh Negatif

Seseorang dengan citra tubuh negatif merasa tidak puas dengan tubuh dan penampilan yang mereka miliki. Mereka mungkin akan membandingkan diri mereka dengan orang lain dan merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan. Mereka juga cenderung merasa malu dan kurang percaya diri. Dalam beberapa kasus, memiliki citra tubuh negatif dapat menyebabkan perkembangan masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan makan atau eating disorder.

Bagaimana Citra Tubuh Negatif Terbentuk?

Ketidakpuasan tubuh merupakan proses internal, namun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal. Contohnya seperti keluarga, teman, lingkungan sosial, dan media, semuanya bisa berdampak pada bagaimana seseorang melihat dan merasakan tentang tubuh dan penampilannya. Media menjadi salah satu faktor penyebab paling umum terjadinya ketidakpuasan citra tubuh. Orang-orang dari segala usia dibombardir dengan pesan kecantikan ideal melalui media seperti televisi, majalah, internet, iklan, dsb. Definisi cantik ideal yang diiklankan tersebut seringkali tidak masuk akal, dan hal ini bisa membuat orang mengembangkan citra tubuh negatif.

Berikut beberapa faktor risiko yang membuat seseorang lebih mungkin mengembangkan citra tubuh negatif:

  • Usia, citra tubuh sering terbentuk saat akhir massa kanak-kanak dan remaja, tetapi ketidakpuasan tubuh dapat memengaruhi orang dari segala usia dan sama lazimnya di usia dewasa muda.
  • Jenis kelamin, remaja perempuan umumnya lebih rentan terhadap ketidakpuasan tubuh.
  • Ukuran tubuh, adanya bias berat badan dan stigma berat badan di masyarakat dapat membuat seseorang dengan berat badan berlebih mengembangkan ketidakpuasan citra tubuh.

Bagaimana Meningkatkan Citra Tubuh Positif?

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantumu merasa lebih positif tentang tubuhmu:

  • Habiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki pandangan positif
  • Latih self-talk yang positif
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan bagus untuk kamu
  • Hindari membandingkan diri kamu dengan orang lain
  • Ingatlah bahwa cantik bukan hanya tentang penampilan
  • Hargai apa yang dapat dilakukan tubuhmu, seperti berjalan, menari, tertawa, dan lainnya
  • Bersikaplah kritis secara aktif terhadap pesan media yang membuat kamu merasa seolah-olah kamu harus berbeda
  • Buatlah daftar 10 hal yang kamu sukai dari diri dan tubuhmu
  • Lihat diri kamu sebagai pribadi yang utuh, bukan bagian tubuh yang tidak sempurna
  • Lakukan sesuatu yang baik untuk tubuhmu seperti pijat atau spa
  • Alih-alih menghabiskan waktu mengkhawatirkan tubuhmu, mulailah hobi atau kegiatan yang menyenangkan
  • Menerapkan mindful eating dan makan makanan bergizi seimbang yang kamu sukai

Girls, itulah seputar citra tubuh atau body image. Setiap orang terlahir berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jika kita terus membandingkan diri kita dengan orang lain, tidak akan ada habisnya. Dan jika bicara soal kepuasan, sampai kapanpun manusia tidak akan merasa puas. Sebab itulah sifat alami manusia, ketika berhasil mencapai satu kepuasan, ia akan berusaha mencari kepuasan lainnya. So girls, ketimbang mengkhawatirkan penampilan fisikmu, lebih baik terima tubuhmu apa adanya terlepas dari segala kekurangannya, dan hargai apa yang bisa tubuhmu lakukan. Rawat ia dengan baik dan penuhi segala kebutuhannya, salah satu caranya dengan berolahraga secara teratur dan memenuhi asupan sesuai gizi seimbang.

Sumber:

Brazier, Y. (2020). What is body image?. [online] Tersedia di: <https://www.medicalnewstoday.com/articles/249190#positive-body-image>

Jankauskiene, R., & Baceviciene, M. (2019). Body Image Concerns and Body Weight Overestimation Do Not Promote Healthy Behaviour: Evidence from Adolescents in Lithuania. International journal of environmental research and public health16(5), 864. https://doi.org/10.3390/ijerph16050864

National Eating Disorder Association. (n.d). Body Image. [online] Tersedia di: <https://www.nationaleatingdisorders.org/body-image-0>

National Eating Disorders Collaboration. (n.d). Body Image. [online] Tersedia di: <https://nedc.com.au/eating-disorders/eating-disorders-explained/body-image/>

Artikel Lainnya