Bagaimana Olahraga Membangun Kepercayaan Diri?

Bagaimana Olahraga Membangun Kepercayaan Diri

Ladies, tahukah kamu bahwa melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar saja, tapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri lho. Ya, olahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Percaya diri merupakan salah satu hal yang dapat kita andalkan dan selalu kita butuhkan dalam mencapai sesuatu. Begitu pula dalam era modern seperti saat ini , rasa percaya diri dapat memiliki arti yang beragam. Salah satunya physical confidence, atau kepercayaan diri secara fisik.

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling penting dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan diri (physical confidence) tersebut. Ketidakseimbangan postur, otot-otot yang tegang dan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan fisik sehari-hari merupakan salah satu alasan mengapa olahraga dibutuhkan. Dengan terciptanya kesempurnaan pada tubuh, otomatis kepercayaan diri pun terbentuk. Ini dia yang membuat olahraga bisa bantu meningkatkan rasa percaya diri.

Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk kemampuan untuk membangun kepercayaan diri. Untuk membuat orang merasa kuat dan percaya diri serta menciptakan kedamaian dalam diri kita sendiri, seringkali membutuhkan upaya bersama dan serangkaian rencana.

Di sini penting untuk menemukan praktik untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk menghindari masalah yang lebih besar seperti kecemasan dan depresi yang dapat terjadi jika masalah harga diri tidak ditangani.

Studi menunjukkan bahwa pelatihan ketahanan menghubungkan dengan pengurangan gejala depresi dan kecemasan yang dapat menyebabkan peningkatan kepercayaan diri, harga diri yang lebih tinggi, dan citra tubuh yang lebih baik.

Baca :   TANDA TUBUHMU CRAVING OLAHRAGA

Tapi, apa sih hubungan antara olahraga dan kepercayaan diri? Bagaimana olahraga dapat membantumu meningkatkan kepercayaan diri? Yuk simak jawabannya dalam ulasan berikut!

Hubungan Olahraga Membangun Kepercayaan Diri

Berikut ini hubungan antara olahraga dan kepercayaan diri:

  1. Olahraga meningkatkan penampilan fisik

Rutinitas olahraga membantu kita mencapai dan menjaga berat badan yang sehat dan ideal, meningkatkan massa otot, dan membuat tubuh menjadi lebih kencang, serta membuat lekuk tubuh lebih terlihat. Ini akan membuat penampilanmu menjadi lebih menarik. Penampilan fisik yang menarik dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri.

  1. Olahraga mengembangkan citra tubuh yang positif

Olahraga teratur membantumu mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan dan membuatmu merasa puas akan bentuk tubuh yang kamu miliki. Ketika kamu merasa nyaman dengan tampilan fisik dan bentuk tubuh yang kamu miliki atau memiliki citra tubuh yang positif, secara alami itu akan meningkatkan harga diri dan kepercayaan dirimu.

Olahraga secara rutin akan membuat sistem imun meningkat dan menangkal berbagai virus serta penyakit yang berbahaya. Dengan fisik yang sehat, membuat kita merasa lebih mencintai diri sendiri.

  1. Olahraga meningkatkan kesehatan mental

Olahraga membantu meningkatkan pelepasan endorphin (hormon bahagia), yang meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan. Olahraga juga merangsang produksi neurotransmitter (senyawa kimia yang membawa pesan dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya), seperti dopamin dan serotonin yang berhubungan dengan peningkatan suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan. Suasana hati yang baik akan memunculkan pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan secara umum, termasuk harga diri dan kepercayaan diri.

  1. Olahraga meningkatkan rasa pencapaian
Baca :   Tips Menghadapi Rasa Insecure Terhadap Tubuh (Body Insecurity)

Ketika berolahraga, rasa percaya diri akan meningkat karena telah berhasil melawan rasa mager (malas gerak). Rasa percaya diri itu juga akan semakin meningkat ketika kamu berhasil menantang dirimu dan meraih tujuan kebugaranmu.

  1. Olahraga membuatmu lebih kuat

Olahraga, terutama latihan kekuatan membantumu menjadi lebih kuat. Ini dapat membantumu dalam melakukan kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah dan tidak mudah lelah. Ini akan membuatmu merasa lebih kuat dan meningkatkan kepercayaan dirimu.

Secara keseluruhan, partisipasi dalam olahraga dapat memberikan banyak kesempatan untuk pengembangan diri dan peningkatan kepercayaan diri. Melalui pencapaian fisik, pencapaian tujuan, peningkatan kesehatan mental, dan interaksi sosial, olahraga menawarkan banyak cara untuk membangun rasa percaya diri yang kuat dan berkelanjutan.

Ladies, apabila kamu yang kerap merasa kurang percaya diri, yuk coba mulai lakukan olahraga secara teratur dan rasakan manfaatnya. Lakukan olahraga 30 menit setiap harinya untuk membuatmu lebih sehat, bugar, dan lebih percaya diri. Jangan lupa untuk konsumsi WRP Body Shape sebelum dan sesudah olahraga untuk membantumu meningkatkan massa otot dan menjaga tubuh tetap ideal.

Baca :   Lebih Percaya Diri dengan Tubuh Ideal Bersama WRP Body Shape

Bagi kamu yang ingin tampil lebih percaya diri, yuk ikutan #WRPChallenge #BoostConfidenceChallenge dan menangkan hadiah hingga total 15 juta rupiah! Challenge ini berlangsung dari tanggal 20 Mei – 10 Juni 2024. Caranya mudah, kamu cukup buat kreasi resep dari WRP Body Shape. Kamu bisa buat kreasi resep dari WRP Body Shape Chococino yang merupakan susu tinggi protein rasa chococino atau WRP Body Shape Red Berries yang merupakan minuman tinggi protein dengan rasa campuran tiga beri merah (stroberi, kranberi, dan raspberi). Untuk syarat dan ketentuan lainnya, kamu bisa cek di Instagram @wrp_lifestyle dan @wrpdiet_official ya Ladies.

Sumber:

American Sports & Fitness Association. (n.d). The Benefits of Exercise for Improved Self-Esteem. https://www.americansportandfitness.com/blogs/fitness-blog/the-benefits-of-exercise-for-for-improved-self-esteem

Bradly, J. (2023). Building Self-Confidence Through Physical Fitness and Exercise. https://medium.com/lampshade-of-illumination/building-self-confidence-through-physical-fitness-and-exercise-cb33d26f4a9a

ISSA. (2022). 5 Ways Exercise Builds Self-Confidence – Plus Real Inspiration. https://www.issaonline.com/blog/post/jessenia-gallegos-breaking-free-and-finding-sanctuary-in-fitness

Tikac G, Unal A, Altug F. Regular exercise improves the levels of self-efficacy, self-esteem and body awareness of young adults. J Sports Med Phys Fitness. 2022 Jan;62(1):157-161. doi: 10.23736/S0022-4707.21.12143-7. Epub 2021 Feb 8. PMID: 33555673.

Artikel Lainnya