SERING NGANTUK SAAT PUASA? BERIKUT TIPS MENGATASINYA

Rasa kantuk seringkali muncul saat seseorang menjalani puasa. Apakah kamu juga termasuk yang kerap mengantuk saat puasa?

Apa sih yang membuat kita cenderung merasa mengantuk saat puasa? Dan, apakah ada cara untuk mengatasinya?

Tenang dear, artikel kali ini akan membahas mengenai tips mengatasi rasa kantuk saat puasa. Yuk simak tips-tipsnya berikut ini!

Mengapa saat puasa cenderung merasa mengantuk?

Rasa kantuk yang dialami selama bulan puasa, bisa jadi disebabkan karena adanya perubahan siklus tidur. Saat puasa, perlu bangun dini hari untuk makan sahur. Belum lagi jika kamu juga harus menyiapkan menu sahur terlebih dahulu, tentu perlu bangun lebih awal lagi. Hal itu membuat kebanyakan orang memiliki jam tidur yang lebih sedikit selama puasa.

Durasi tidur yang sedikit dapat mengurangi tahap tidur pulas atau yang dikenal dengan istilah REM (Rapid Eye Movement). Hal ini akan berakibat pada timbulnya rasa kantuk di siang harinya. Di samping itu, selama puasa tubuh tidak memperoleh asupan makanan dan minuman selama belasan jam. Hal ini pun dapat membuat kamu merasa lemas dan sering mengantuk.

Bagaimana tips agar tidak sering ngantuk saat puasa?

Rasa kantuk yang muncul saat puasa terkadang bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas kamu. Namun, hal ini sebaiknya tak boleh menjadi penghalang bagi kamu untuk tetap aktif dan produktif. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya tidak sering ngantuk saat puasa.

  1. Tidur yang cukup di malam hari

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup di makam hari sesuai dengan yang diisarankan, yakni 7-9 jam sehari. Kamu bisa menjadwalkan waktu untuk tidur yang rutin setiap harinya. Agar tidurmu semakin berkualitas, kamu bisa menerapkan sleep hygiene.

  1. Dapatkan sinar matahari atau nyalakan lampu

Kurangnya paparan sinar matahari dan pencahayaan di sekitar kamu bisa memicu timbulnya rasa kantuk. Suasana sekitar yang redup dan gelap dapat memicu pelepasan melatonin atau yang dikenal juga sebagai hormon tidur. Meningkatnya melatonin mengisyaratkan tubuh untuk beristirahat, sehingga kamu jadi merasa mengantuk. Untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari saat puasa, cobalah untuk menyalakan lampu ruangan dan juga memperoleh paparan sinar matahari.

  1. Tetap aktif

Cara lain untuk mengurangi rasa kantuk saat puasa ialah dengan tetap aktif. Meskipun saat puasa tubuh terasa lemas dan kurang bertenaga, usahakan untuk tetap aktif. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan kaki, melakukan pekerjaan rumah, bersepeda, dan sebagainya. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan energi dan juga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga oksigen bisa terdistribusi ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Rasa kantuk yang muncul di siang hari umumnya terjadi karena otak kekurangan oksigen.

  1. Tidur siang secukupnya

Tidur siang bisa menjadi solusi dikala rasa kantuk melanda di siang hari. Namun, sebaiknya kamu tidak tidur siang terlalu lama ya. Sebab, tidur siang terlalu lama bisa membuat tubuh semakin terasa lemas. Waktu tidur siang sebaiknya tidak lebih dari 1 jam, cukup sekitar 20-30 menit. Tidur siang singkat ini dapat membuatmu kembali fokus dan berenergi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tidak sering ngantuk saat puasa. Rasa kantuk yang melanda di siang hari saat puasa bisa mengganggu aktivitas dan produktivitasmu. Dengan menerapkan tips-tips di atas kamu bisa tetap aktif dan produktif.

Sumber:

Barbato, G. (2021). REM sleep: An unknown indicator of sleep quality. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(24), 12976. https://doi.org/10.3390/ijerph182412976

Disturbed sleep patterns negate Ramadan fasting benefits. (2017). Nature. Retrieved January 19, 2024, from https://www.nature.com/articles/d42473-018-00397-2

Farhadi, N., Gharghani, M., & Farhadi, Z. (2016). Effects of long-term light, darkness and oral administration of melatonin on serum levels of melatonin. Biomedical Journal, 39(1), 81-84. https://doi.org/10.1016/j.bj.2015.09.003

How to Sleep Better During Ramadan. (2021). Cleveland Clinic Abu Dhabi. Retrieved January 19, 2024, from https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/ramadan/how-to-sleep-better-in-ramadan

Mayo Clinic. (2022). Sleep tips: 6 steps to better sleep. [online] Tersedia di: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep/art-20048379?pg=1

Purwoko, S. A., (2024). 7 Strategi Ampuh untuk Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa.  [online] Tersedia di: https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/cara-menghilangkan-ngantuk-saat-puasa/

Stanley, N., Mulla, R. (2021). How Ramadan can affect your sleep. [online] Tersedia di: https://www.sleepstation.org.uk/articles/seasonal/sleep-and-ramadan/

Artikel Lainnya