BUKAN CUMA UNTUK TURUN BERAT BADAN, TERNYATA OLAHRAGA BISA CEGAH KERUTAN SAMPAI PENUAAN DINI, YUK SIMAK PENJELASANNYA

Ladies, tahukah kamu kalau olahraga bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun juga bisa memberikan manfaat untuk kecantikan lho. Selain bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan berat badan, olahraga ternyata juga baik untuk kesehatan kulit, mencegah kerutan dan mencegah penuaan dini, kok bisa ya? Yuk mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Membuat Kulitmu Cerah dan Bersih

Rutin berolahraga akan membuat kulitmu jadi lebih cerah dan bersih. Hal ini karena ketika berolahraga, sirkulasi dalam darah akan lancar dan keringat yang dikeluarkan saat berolahraga akan membantu mmembersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Peredaran darah yang lancar dan pori-pori yang bersih akan mendukung penyebaran oksigen dan zat gizi secara merata keseluruh tubuh yang menyebabkan kulit akan terlihat lebih sehat, lembab dan cerah.

2. Mencegah Kulit Keriput (Anti-Aging)

Saat olahraga tubuh akan memproduksi kolagen lebih banyak, meningkatkan metabolism sel-sel dan meregenerasi sel tubuh secara berkala sehingga tubuh memiliki sel baru lebih banyak. Sel muda atau sel baru akan memiliki kinerja lebih baik sehingga membuat kulit kita lebih elastis dan kencang. Nah hal tersebut dapat membantu mencegah kerutan dan menyamarkan garis halus.

3. Mencegah dan Mengatasi Jerawat yang Meradang

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa olahraga dapat membuang kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori dan kondisi ini membuat kulit kita bersih dan terhindar dari jerawat. Selain itu olahraga juga membantu mengatasi dan menyembuhkan peradangan akibat jerawat, penelitian menyebutkan bahwa dengan kita rutin berolahraga akan mengurangi produksi hormon kortisol (hormon stress) yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit sehingga memicu timbulnya jerawat dan peradangan serta berolahraga rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan infeksi akibat peradangan di kulit.

4. Mencegah Selulit

Tahukah ladies selulit terjadi karena penumpukan lemak yang terperangkap dalam sekat sekat jaringan di kulit sehingga kulit menjadi tidak rata dan bergaris garis, kebanyakan orang dengan tubuh obesitas atau seseorang yang mengalami penurunan berat badan drastis pasti mengalami masalah selulit seperti di paha, perut dan di bokong. Olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah dan mencegah selulit, karena dengan berolahraga tubuh akan efektif membakar lemak yang menumpuk. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk mengatasi selulit seperti jogging, berenang, yoga, squat jump, bersepeda dan lainnya. Lakukan kebiasan ini rutin beberapa kali dalam seminggu, berolahraga rutin tidak hanya menghindarkan kita dari munculnya selulit tetapi juga membuat tubuh kita langsing.

5. Meredakan stress

Kecantikan bukan hanya dari bentuk fisik namun juga dari jiwa dan raga seseorang, olahraga dapat membuat kita merasa bahagia, memiliki pandangan positif dan tidak mudah depresi atau stress. Melakukan olahraga 10 menit setiap hari membuat mental kita lebih sehat, mengurangi kegelisahan dan mengendalikan amarah hal ini di karenakan saat kita sedang beralatih olahraga otak akan menstimulasi tubuh untuk melepaskan hormon endorphin yang membuat kita merasa nyaman dan bahagia, dengan latihan fisik yang rutin juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kreativitas kita karena dengan berolahraga dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan dapat mempercepat aliran darah ke otak sehingga meningkatkan konsenterasi darah ke otak, selain itu olahraga secara teratur bisa memacu pertumbuhan neuron yang telah rusak sehingga dapat meningkatkan daya ingat kita.

Gimana ladies, masih malas untuk berolahraga? yuk mulai dari sekarang rutin untuk melakukan olahraga, tidak hanya membuat kita cantik secara fisik tetapi olahraga juga membuat kita cantik secara mental dan pikiran.

Semangat berolahraga 🙂

Artikel Lainnya