BOSAN DENGAN OLAHRAGA YANG ITU-ITU SAJA? YUK COBA POUND FIT!

Ladies, bosan dengan olahraga yang itu-itu saja? Yuk coba pound fit!

Belakangan, olahraga yang satu ini cukup digemari oleh banyak orang lho ladies. Pound fit ini mengubah permainan drum menjadi cara berolahraga yang efektif dan menyenangkan.

Mau tau lebih lanjut seputar apa itu pound fit dan manfaatnya? Yuk simak ulasan lengkap berikut.

Apa Itu Pound Fit?

Pound fit merupakan olahraga yang menggabungkan latihan kardio dan kekuatan, dengan gerakan yang terinspirasi dari yoga dan pilates. Ciri khas olahraga yang satu ini ialah penggunaan Ripstix, yaitu stik drum berbobot ringan yang dirancang khusus untuk berolahraga.

Pound fit pertama kali diciptakan pada tahun 2011 oleh dua orang wanita yang merupakan mantan penabuh drum rekreasi asal Kalifornia, yakni Kristen Potenza dan Cristina Peerenboom. Menurut keduanya, olahraga ini memungkinkan kamu untuk menggerakan tubuhmu dengan selaras, simetris dan tetap bertenaga.

Latihan ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik pria maupun wanita dari segala usia dan tingkat kebugaran. Disamping menggunakan alunan musik yang energik, suara ripstix yang saling beradu dalam gerakan, mampu menambah irama dan membuatmu semakin semangat menciptakan melodi yang sesuai dengan gerakanmu.

Manfaat Pound Fit

Pound fit bukan hanya menyenangkan untuk dilakukan, tapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kebugaran dan kesehatan. Beberapa manfaat pound fit berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbanganmu untuk memasukkan olahraga ini ke dalam rutinitasmu:

1. Latihan tubuh secara keseluruhan

Olahraga ini melibatkan tubuh secara keseluruhan, sehingga bukan hanya otot tubuh tertentu saja yang terlatih. Ini bisa membantumu melatih dan mengencangkan otot tubuh, termasuk lengan, paha, dan otot inti. Bukan itu saja, latihan ini juga bisa membantu meningkatkan koordinasi, kecepatan, dan kelincahanmu.

2. Membantu menurunkan berat badan

Olahraga ini menggabungkan latihan kardio dan kekuatan. Penggabungan latihan ini mampu membakar kalori hingga 900 kalori per jam. Disamping itu, karena latihan ini melibatkan seluruh tubuh, sehingga makin banyak otot yang digunakan, semakin banyak otot yang terbentuk. Meningkatnya massa otot membuat metabolisme tubuh meningkat, bahkan dalam kondisi istirahat sekalipun, sehingga lebih banyak kalori yang dibakar. Ini bisa membantumu dalam menurunkan berat badan.

3. Membantu menghilangkan stres dan meningkatkan fokus

Pound fit merupakan olahraga yang diadaptasi dari permainan drum, sehingga memiliki manfaat yang serupa dengan permainan drum. Bermain drum bisa memberikan efek peningkatan otak yang kuat dan menghilangkan stres. Irama drum yang meresap mampu meningkatkan kerja otak untuk lebih fokus. Tak hanya itu, olahraga ini biasanya dilakukan secara bersama-sama. Ini menambah kesenangan dan keseruan, dan membantumu terhindar dari stres.

Itulah beberapa manfaat dari pound fit, yang mungkin bisa meyakinkanmu untuk mencobanya. Jika kamu tertarik melakukan olahraga yang satu ini, saat ini telah banyak kelas pound fit yang dibuka, seperti di beberapa mall, studio olahraga, atau bahkan stadion. Mungkin kamu bisa bergabung ke dalam kelas tersebut. Untuk biaya kelas pound fit per jamnya rata-rata sekitar Rp 40.000,- hingga 60.000,-. Biaya ini sudah termasuk ripstix yang bisa kamu gunakan selama latihan, untuk matras yoga kamu perlu membawanya sendiri atau bisa juga menyewa di tempat latihan.

Kamu juga bisa lho melakukan pound fit di rumah, karena sudah banyak video pound fit di internet, seperti di Youtube misalnya. Jangan lupa untuk menyediakan ripstix sebelum memulai olahraga yang satu ini di rumah. Kamu bisa mendapatkan ripstix dari marketplace dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Tapi, akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama apalagi jika ada instrukturnya langsung. Kamu bisa juga lho mengajak temanmu untuk ikut latihan pound fit bersama.

Sumber:

Hampton Bays Physical Education. (n.d). Pound Class. [online] Tersedia:  http://hbhspe.weebly.com/pound-fitness.html

Pound Fit. (n.d). Rockout Workout. [online] Tersedia : https://poundfit.com/about/

Andini, W. C. (2020). Selain Seru dan Membakar Kalori, Ini 4 Manfaat Olahraga Pound Fit. [online] Tersedia di: https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/4-manfaat-pound-fit/

Women’s Health. (2017). 5 Reasons Why You Should Try The POUND Workout. [online] Tersedia di: https://womenshealthsa.co.za/5-reasons-why-you-should-try-the-pound-workout/

Artikel Lainnya