BAKAR 100 KALORI TANPA PERLU PERGI KE GYM

Olahraga merupakan cara yang tepat untuk membakar kalori. Banyak orang yang pergi ke gym atau pusat kebugaran untuk berolahraga. Meskipun gym dan pusat kebugaran adalah tempat yang baik untuk membakar kalori, ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk membakar kalori tanpa harus pergi ke gym atau pusat kebugaran. Bahkan kamu bisa melakukannya di rumah, saat bekerja, atau bepergian. Aktivitas yang kamu pilih bisa bervariasi tergantung berapa banyak waktu yang kamu miliki.

Bakar 100 Kalori dengan Aktivitas Berikut!

Jumlah kalori yang dibakar saat kita melakukan aktivitas fisik berbeda-beda, ini tergantung pada berat badan, jenis kelamin, usia, komposisi tubuh, dan banyak faktor lainnya. Pada artikel ini, kita akan mengambil contoh wanita dengan berat badan 68 kg.

Berikut beberapa macam aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk membakar 100 Kalori

1. Menaiki Tangga

Kita mungkin hampir selalu menjumpai anak tangga, baik itu di rumah, tempat kerja, mall, hotel, dan tempat-tempat lainnya. Tidak ada salahnya untuk menaiki tangga dibanding menaiki escalator atau lift. Sebab menaiki tagga bisa membantumu lebih banyak bergerak dan membakar kalori. Menaiki tangga selama 10 menit bisa membakar 100 Kalori. Menaiki tangga akan membantu membentuk dan memperkuat otot kaki. Ini juga berkaitan dengan penurunan risiko penyakit termasuk penyakit diabetes.

2. Berdiri

Berdiri selama 1,5 jam bisa membakar kalori sekitar 107 Kalori. Ini 11 Kalori lebih banyak dibandingkan jika kamu hanya duduk saja. Kamu bisa berdiri sambil bekerja, menonton televisi atau membaca buku, dan lain sebagainya.

3. Peregangan dan relaksasi

Jika kamu melakukan peregangan atau relaksasi atau melakukan latihan yoga yang mudah selama 30 menit, kamu bisa membakar sekitar 100 Kalori. Selain itu, latihan ini juga bisa membantu meningkatkan rentang gerak pada persendian (fleksibilitas), mengurangi stres, dan dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

4. Berjalan sambil berbicara

Jika memungkinkan, terima panggilan telepon sambil berjalan-jalan. Kamu bahkan bisa berjalan selama panggilan telepon hanya dengan mondar-mandir di sekitar rumah atau kantor. Lakukan ini selama dua panggilan telepon 15 menit sehari untuk membakar 100 Kalori. Gunakan pelacak kebugaran untuk melihat seberapa jauh kamu melangkah.

5. Lompat Tali

Lompat tali merupakan salah satu cara agar kamu bisa membakar lebih banyak kalori. Kamu hanya perlu melompat selama 7 menit untuk membakar 100 Kalori. Bukan hanya itu, lompat tali juga bisa meningkatkan koordinasi dan membangun kekuatan otot kaki.

6. Bersih-bersih rumah

Punya rumah untuk dibersihkan? Tahukah kamu kalau pekerjaan rumah tangga bisa menjadi sesi latihan yang efektif. Kegiatan membersihkan rumah seperti menyapu, mengepek, mencuci, dan sebagainya yang dilakukan selama 30 menit bisa membakar sekitar 100 Kalori.

7. Mendaki

Tidak ada salahnya untuk menghilangkan kepenatan dengan melakukan kegiatan seperti mendaki bukit atau gunung. Mendaki selama 15 menit bisa membakar sekitar 100 Kalori. Mendaki membakar lebih banyak kalori dibandingkan berjalan karena perbedaan medan yang lebih berat. Saat mendaki, otot harus bekerja lebih keras untuk membuat posisimu stabil.

Jika tidak ada bukit atau gunung di sekitarmu, cobalah berjalan di jalan yang menanjak.

8. Berlari

Cara simpel membakar 100 Kalori lainnya ialah dengan berlari. Rata-rata pelari mampu membakar 100 Kalori per 1,6 km. Dengan berlari kamu bisa membakar kelebihan lemak di dalam tubuh, memperkuat otot kaki, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

9. Berkebun

Kegiatan menanam tanaman bermanfaat untuk mengurangi polusi. Karena semakin banyak tanaman, semakin banyak oksigen diproduksi. Selain itu, kegiatan ini juga membuat lingkungan tampak asri. Bahkan, kegiatan berkebun ternyata bisa membantumu membakar kalori lho! Kegiatan seperti menggali, menyiangi, dan menaman selama 25 menit bisa membantu membakar sekitar 100 Kalori. Kamu juga bisa menanam beberapa sayuran sehat untuk kamu konsumsi sendiri. Wah, banyak banget ya manfaatnya.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk membakar 100 Kalori tanpa perlu pergi ke gym atau pusat kebugaran. Semakin banyak kamu bergerak, semakin banyak pula kalori yang terbakar. Ayo bergerak!

Sumber:

BurnedCalories.com. (n.d). How many calories do you burn Standing?. [online] Tersedia di: <https://burned-calories.com/sport/standing>

Centers for Disease Control and Prevention. (n.d). Why is physical activity important?. [online] Tersedia di: <https://www.cdc.gov/healthyweight/physical_activity/index.html>

Frey, M. (2022). 10 Ways to Burn 100 Calories. [online] Tersedia di: <https://www.verywellfit.com/easy-ways-to-burn-100-calories-3495197>

Michael E, White MJ, Eves FF. Home-based stair climbing as an intervention for disease risk in adult females; a controlled studyInt J Environ Res Public Health. 2021;18(2):603. doi:10.3390/ijerph18020603

Artikel Lainnya