UPGRADE PANCAKE-MU MENJADI SARAPAN YANG LEBIH SEHAT DENGAN WRP MEAL REPLACEMENT YUK!

Ladies, siapa yang nggak kenal pancakePancake atau panekuk biasa dijadikan sebagai menu sarapan oleh orang-orang di Eropa. Namun, tak hanya orang Eropa saja, pancake juga kerap dinikmati orang-orang dari mancanegara, termasuk juga Indonesia.

Pancake identik dengan tampilannya berupa lingkaran pipih bertumpuk. Sayangnya, pancake kurang dianjurkan dikonsumsi sebagai sarapan, karena cenderung tinggi karbohidrat dan gula. Hal ini disebabkan karena pancake dibuat dari tepung terigu dan biasanya diberi siraman sirup maple atau sirup gula.

Tapi, kamu bisa kok upgrade pancake kamu menjadi sarapan yang jauh lebih sehat, kaya serat dan protein. Caranya, dengan memodifikasi resepnya menggunakan WRP Meal Replacement. Penasaran bahan apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya? Mudah kok, simak resepnya berikut ini ya ladies!

Resep MR Banana Oat Pancake

Porsi: 2 sajian

Bahan-bahan:

  • sachet WRP Meal Replacement Chocolate
  • 100 g (1 buah) pisang
  • 35 g (4 sdm) instant oatmeal
  • 1 butir telur
  • 50 ml air

Cara Membuat:

  1. Siapkan blender, masukkan semua bahan ke dalamnya, kemudian haluskan bahan hingga tercampur merata. Tuang adonan ke dalam mangkuk.
  2. Panaskan wajan anti lengket, tuang 1 sendok sayur adonan pancake di atas wajan. Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung kecil di permukaan pancake. Kemudian balik pancake. Masak hingga sisi satunya matang, kemudian angkat.
  3. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis, kurang lebih 8 buah pancake.
  4. Susun di atas piring saji.

Kandungan Gizi

Selain rasanya yang nikmat dan lezat, pancake ini juga kaya akan kandungan gizi lho ladies. Berdasarkan resep di atas, kalori dari MR Banana Oat Pancake secara keseluruhan sebesar 531 kkal, dengan 13 g lemak, 26 g protein, 81 g karbohidrat, 28 g serat, 28 g gula, dan 330 mg natrium. Nampaknya besar ya ladies? Eits tenang, resep di atas untuk 2 sajian ya ladies. Jadi, satu sajian alias 4 buah pancake mengandung kalori dan zat gizi setengah dari angka tersebut, yakni:

  • Kalori: 266 kkal
  • Lemak: 6 g
  • Protein: 13 g
  • Karbohidrat: 41 g
  • Serat: 14 g
  • Gula: 14 g
  • Natrium: 165 mg

Kombinasi antara WRP Meal Replacement, oat dan buah pisang yang kaya akan serat, ditambah dengan protein dari telur dan WRP Meal Replacement, membuat MR Banana Oat Pancake ini menjadi hidangan yang kaya akan serat dan protein. Kandungan serat per sajian MR Banana Oat Pancake ini mampu memenuhi hampir 47% kebutuhan serat harianmu lho ladies, sementara proteinnya mampu memenuhi sekitar 23% kebutuhan protein harian.  Konsumsi serat dan protein dapat membuatmu merasa lebih kenyang dan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mencegahmu dari keinginan makan berlebih.

Di samping itu, oat yang digunakan dalam bahan pembuatan pancake juga kaya akan beta glukan, jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol LDL (jahat), sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu ladiespancake ini juga bisa menjadi sumber kalium yang baik, karena dibuat dari buah pisang yang kaya akan kalium. Kalium merupakan mineral elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Di samping itu, ada banyak manfaat lain dari kalium, termasuk membantu menjaga kadar gula darah, menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, hingga meningkatkan fungsi sistem saraf.

Jika dibandingkan dengan pancake pada umumnya, MR Banana Oat Pancake ini bisa dibilang pilihan yang lebih sehat. Sebab, pancake pada umumnya per satu buah berukuran sedang (diameter sekitar 12 cm) mengandung kalori sebesar 93 kkal. Bayangkan jika kamu makan 4 buah pancake, sudah mencapai 372 kkal. Lebih besar dibanding kalori MR Banana Oat Pancake bukan? Belum lagi pancake biasa juga tidak mengandung serat. Ini membuatmu mudah merasa lapar kembali ketika sarapan dengan mengonsumsi pancake biasa. Berbeda jika kamu sarapan dengan MR Banana Oat Pancake, kamu akan merasa lebih kenyang dan kenyangnya tahan lama.

Bagaimana ladies, tertarik mencoba resep menu sarapan yang satu ini?

Sumber:

Dolson, L. (2021). The Health Benefits of Pottasium. [online] Tersedia di: https://www.verywellfit.com/health-benefits-of-potassium-2242225

European Food Safety Authority. (2006). Scientific Opinion on the substantiation of a health claim related to oat beta glucan and lowering blood cholesterol and reduced risk of (coronary) heart disease pursuant to Article 14 of Regulation (EC) No 1924/2006. (2010). EFSA Journal8(12). doi: 10.2903/j.efsa.2010.1885 https://www.efsa.europa.eu/en/efsajournal/pub/1885

Frey, M. (2020).  Pancake Nutrition Facts and Health Benefits. [online] Tersedia di: https://www.verywellfit.com/pancake-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4111295

Artikel Lainnya