MAKAN MALAM PADA SAAT BULAN RAMADHAN, APA BISA MEMBUAT BERAT BADAN NAIK?

Wah tidak terasa ya Ladies kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Tentunya bagi yang menjalankan ibadah puasa maka jam makannya tidak seperti hari biasa ya. Pada bulan Ramadhan dari pagi sampai sore kita berpuasa dan baru diperbolehkan makan di malam hari. Nah yang jadi pertimbangan, apakah makan malam bisa membuat berat badan naik? atau statement tersebut hanyalah sebuah mitos?. Yuk bersama-sama kita cari tahu jawabannya.

Apakah aman makan malam pada bulan Ramadhan?

Ladies sebenarnya makan malam tidak berhubungan secara langsung dengan kenaikan berat badan loh. Justru yang mempengaruhinya adalah komponen pada makan malamnya, seperti jenis makanan dan jumlah asupan makanan. Mengacu pada beberapa penelitian juga menyatakan bahwa obesitas merupakan akibat dari kelebihan konsumsi makan dalam jangka lama. Sebaliknya, apabila asupan makan malam kamu tidak berlebihan maka berat badan akan tetap terjaga. Sehingga jika makan malam kamu masih sesuai dengan jatah kalori harian makan malam, maka sangat jauh kemungkinannya berat badanmu naik.

Penyebab berat badan naik ketika makan malam

Pada umumnya mereka yang makan di malam hari cenderung makan lebih banyak, sehingga peluang mengonsumsi kalori yang berlebihan lebih besar. Pilihan makanan yang kurang beragam sehingga cenderung hanya memenuhi salah satu jenis zat gizi. Sehingga seiring berjalannya waktu, kelebihan kalori tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Lalu, secara hisiologis juga kalori harian tidak dihitung lebih banyak di malam hari. Contohnya, jika kamu konsumsi 1 buah pisang ambon yang mengandung 108 kkal pada pagi atau siang, maka kalorinya akan tetap sama. Tidak juga akan menjadi sebesar 216 kkal jika pisang ambon tersebut dimakan pada malam hari.

Batasan kalori pada saat bulan Ramadhan

Salah satu penyebab berat badan naik ketika makan malam adalah konsumsi makanan yang cenderung tinggi kalori sehingga dapat menyebabkan asupan kalori harian melebihi batas. Sehingga dalam makan malam ketika berpuasa sebaiknya kamu mengetahui nih batasan asupan kalorinya. Kamu bisa batasi supan saat makan malam hingga 40-50% dari total kebutuhan kalori harian sekitar 600 kkal dengan asumsi Angka Kecukupan Energi (AKE) sebesar 1500 kkal. Silakan Ladies konsumsi makanan lengkap sesuai dengan pola diet gizi seimbang. Pastikan dalam satu piring ada sumber karbohidrat, protein, sayur dan buah.

Sumber:

Halawa, D. A. P. T., Sudargo, T., & Siswati, T. (2022). MAKAN PAGI, AKTIVITAS FISIK, DAN MAKAN MALAM BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI REMAJA DI KOTA YOGYAKARTA. Journal of Nutrition College11(2), 135-142

Kinsey AW, Ormsbee MJ. The health impact of night  time  eating:  old  and  new  perspectives. Nutrients. 2015;7(4):2648-62. https://doi.org/10.3390/nu7042648.

Lopez-Minguez  J,  Gómez-Abellán  P,  Garaulet M.  Timing   of   breakfast,   lunch,   and   dinner. effects on obesity and metabolic risk. Nutrients. 2019;11(11):2624. https://doi.org/10.3390/nu11112624.15.

Artikel Lainnya