INI ALASAN MENGAPA KAMU PERLU MEREKRUT PERSONAL TRAINER

Ladies, dalam berolahraga kerap kali ada kendala yang dihadapi. Apalagi jika kamu baru memulainya dan belum tau bagaimana membuat program olahraga yang sesuai untukmu hingga memberikan hasil yang maksimal. Atau kamu sudah berolahraga rutin, namun tak kunjung membuahkan hasil yang signifikan. Nampaknya, kamu perlu memikirkan opsi untuk merekrut seorang personal trainer nih ladies.

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa kamu perlu merekrut personal trainer.

1. Membantumu membuat program latihan yang sesuai untukmu secara personal

Sesuai namanya, personal trainer akan membantu kamu dalam membuat program latihan yang sesuai untukmu secara personal. Personal trainer akan membantu kamu menyusun program sesuai dengan prinsip F.I.T.T, yaitu frekuensi, intensitas, waktu, dan jenis latihan. Program latihan akan disesuaikan dengan kondisi fisik, dan kesehatan, serta kemampuanmu.

2. Membantumu menetapkan goals yang realistis

Banyak pemula yang kerap menetapkan goals terlalu tinggi, sehingga kerap gagal di tengah jalan. Seorang personal trainer akan membantu mengevaluasi goals yang kamu buat dan membantumu menetapkan goals yang realistis, sehingga dapat dicapai berdasarkan pengalaman dan kemampuan pribadi kamu, serta membantu kamu berprogress dalam berolahraga.

3. Mengajarkan dan membantu mempraktikan teknik latihan yang benar

Saat berlatih secara mandiri, terkadang sulit memastikan apakah teknik latihan yang kamu lakukan sudah benar atau belum. Dengan adanya personal trainer, ia akan membantu kamu dalam mempraktikan teknik latihan yang benar dan mengoreksinya apabila postur tubuh atau teknik latihan kamu belum sesuai. Menerapkan tektik latihan yang benar akan membuatmu terhindar dari risiko cedera.

4. Memberikan edukasi

Seorang personal trainer bukan hanya membantumu dalam melakukan latihan. Ia sudah tersertifikasi untuk memberikan pelatihan dan juga memiliki pengetahuan seputar kebugaran, kesehatan, fisiologi tubuh manusia, ilmu perubahan perilaku, nutrisi olahraga, dan sebagainya. Personal trainer akan mengedukasi kamu mengenai hal-hal tersebut, sehingga pengetahuan kamu seputar kesehatan dan kebugaran akan bertambah.

5. Mengevaluasi latihan kamu

Personal trainer akan mengevaluasi latihan kamu, termasuk progress dan kendala yang kamu hadapi. Ia akan membantu kamu untuk level up atau memodifikasi program latihan yang kamu lakukan supaya hasilnya lebih maksimal, dan membantu kamu menyusun strategi untuk mengatasi kendala dan meningkatkan progress latihan kamu.

6. Memotivasi kamu untuk tetap konsisten

Tetap konsisten dalam berolahraga merupakan salah satu tantangan terberat. Sayangnya, banyak orang melakukan latihan secara mandiri cenderung hanya bersemangat di awal saja, dan motivasinya dalam berolahraga sangat mudah kendur, apalagi jika tak kunjung melihat progress yang berarti. Padahal konsisten adalah kunci utama untuk mencapai tujuan kebugaranmu. Memiliki seorang personal trainer akan membantu kamu menjaga motivasi olahraga dan tetap konsisten menjalaninya. Ia akan mengevaluasi dan melihat bagaimana kamu berlatih, mendampingi dan membantumu menghadapi kendala selama berolahraga, serta menentukan strategi untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi dan membantumu lebih konsisten untuk mencapai tujuanmu.

7. Membantumu membangun gaya hidup lebih sehat

Personal trainer akan membantu kamu mengembangkan perilaku yang lebih sehat. Ia membantumu melakukan perubahan perilaku secara perlahan dan bertahap, sehingga terbentuk suatu kebiasaan baru yang kemudian menjadi gaya hidup sehari-hari. Dalam prosesnya, membentuk gaya hidup baru tidaklah instan, tapi butuh waktu minimal sekitar 3 bulan lamanya agar gaya hidup baru terbentuk.

Ladies, alasan-alasan di atas mungkin akan membantu kamu mempertimbangkan untuk merekrut personal trainer atau tidak. Merekrut personal trainer memanglah penting, terutama bagi pemula. Namun, terkadang seseorang juga kerap mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan saat ingin merekrut personal trainer. Tentu kamu harus mempertimbangankan keuanganmu ya ladies. Jika finansialmu mendukung, kenapa tidak berinvestasi untuk menjadi lebih sehat?

Tapi, buat kamu yang belum bisa merekrut personal trainer, jangan membuat kamu berhenti melakukan olahraga secara teratur ya. Dengan atau tanpa personal trainer, kamu tetap bisa berolahraga secara rutin kok.

Sumber:

Davis, N. (2021). 9 Benefits of Personal Training. [online] Tersedia di: https://www.healthline.com/health/fitness/benefits-of-personal-training  

Waehner, P. (2022).  10 Reasons to Hire a Personal Trainer. [online] Tersedia di: https://www.verywellfit.com/reasons-to-hire-a-personal-trainer-1231372

Artikel Lainnya