APA YANG DIMAKSUD “HEALTH AT EVERY SIZE”?

Ladies, apakah kamu pernah mendengar tentang “Health at Every Size”? Health at Every Size (HAES) merupakan pendekatan netralitas berat badan yang berfokus mendorong perilaku sehat bagi orang-orang dengan ukuran tubuh yang berbeda-beda. Ya, kita bisa menjadi sehat apapun bentuk tubuh yang kita miliki, sebab sehat bukan hanya tentang memiliki berat badan ideal saja. Mau tau lebih lanjut seputar HAES? Yuk simak ulasan berikut!

Health at Every Size

Memiliki tubuh ideal memang bisa menunjang kesehatan dan membuat kita terhindar dari berbagai risiko penyakit. Namun, pengertian ideal disini adalah memiliki berat badan normal sesuai usia, tinggi badan, jenis kelamin, dan aktivitas fisik, serta memiliki komposisi tubuh normal. Akan tetapi, adanya budaya diet membuat banyak orang beranggapan bahwa memiliki tubuh ideal itu berarti harus kurus. Sehingga mereka terlalu keras mendorong dirinya sendiri untuk melakukan diet ketat, yang akhirnya malah bisa mengganggu kesehatannya.

Association for Size Diversity and Health (ASDAH) mempromosikan sebuah kerangka kerja yang disebut Health at Every Size (HAES), yang menekankan bahwa kesejahteraan dan kebiasaan hidup sehat lebih penting dibandingkan angka pada timbangan. Banyak penelitian mendukung bahwa pendekatan non-diet dapat meningkatkan kesehatan dengan cara yang lebih lembut dibandingkan dengan dorongan terus-menerus untuk mencapai penurunan berat badan.

HAES memiliki tiga komponen utama, yaitu:

  1. Body acceptance, menerima tubuh apa adanya, terlepas dari bentuk dan ukurannya. Menyadari bahwa setiap orang itu terlahir dengan bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda-beda. Dan kita patut mensyukuri apa yang tubuh kita miliki dan bisa lakukan, ketimbang berfokus pada penampilan fisik saja.
  2. Intuitive eating, mengutamakan makan berdasarkan sinyal lapar dan kenyang, bukan makan berdasarkan aturan ketat dan larangan makan makanan tertentu.
  3. Physical activity, menjadikan olahraga sebagai sesuatu yang menyenangkan dan menyehatkan, bukan sesuatu yang menyiksa dan berat.

HAES juga memiliki tujuan untuk menghapus bias dan stigma berat badan. HAES memiliki 5 prinsip, diantaranya sebagai berikut:

  1. Weight Inclusivity

Menerima dan menghargai perbedaan bentuk dan ukuran tubuh, serta menolak idealisasi dan anggapan bahwa bobot tertentu tidaklah sehat.

  1. Health Enhancement

Mendukung kebijakan kesehatan yang meningkatkan dan menyamakan akses ke informasi dan layanan yang meningkatkan kesejahteraan manusia, termasuk perhatian pada kebutuhan fisik, ekonomi, sosial, spiritual, emosional, dan kebutuhan lainnya.

  1. Eating For Well-Being

Makan berdasarkan rasa lapar, kenyang, kebutuhan gizi, dan kesenangan, alih-alih makan berdasarkan aturan makan yang berfokus pada pengendalian berat badan.

  1. Respectful Care

Prinsip ini berupaya mengatasi bias dan stigma berat badan yang kerap dihadapi orang gemuk saat mencari perawatan kesehatan.

  1. Life-Enhancing Movement

Mendukung aktivitas fisik yang memungkinkan orang dari semua ukuran, kemampuan, dan minat untuk menikmati aktivitas fisik.

HAES berfokus membantu orang terlibat dalam perilaku yang mempromosikan kesehatan. HAES tidak melihat berat badan sebagai hasil dari “keberhasilan” seseorang dalam membuat perubahan perilaku. Tapi, HAES memberikan dukungan dan mencari cara agar seseorang dengan berbagai bentuk dan ukuran tubuh bisa merasa lebih baik, secara fisik maupun mental.

Ladies, itulah seputar HAES yang memiliki 3 komponen yaitu body acceptanceintuitive eating, dan physical activity. Menerapkan ketiga komponen tersebut sangatlah penting, sebab dengan menerima tubuh apa adanya, kita akan lebih menghargai diri kita terlepas dari segala kekurangannya. Disamping itu, makan dengan mengikuti instuisi sinyal lapar dan kenyang akan membantu kita menikmati makanan dan menerapkan mindful eating, ketimbang makan dengan berbagai aturan dan batasan. Namun, pastikan juga asupan kamu sesuai gizi seimbang ya. Selain itu, olahraga yang dijalani dengan senang hati juga akan membuat kamu tetap semangat dan konsisten menjalaninya, karena tidak terasa membebani.

Apapun bentuk dan ukuran tubuhmu, kamu tetap bisa sehat kok. Kuncinya yaitu dengan menerapkan ketiga komponen HAES di atas ya ladies.

Sumber:

ASDAH. (n.d). About Health at Every Size (HAES). [online] tersedia di: <https://asdah.org/health-at-every-size-haes-approach/>

NEDA. (n.d). Size Diversity & Health at Every Size. [online] Tersedia di: <https://www.nationaleatingdisorders.org/size-diversity-health-every-size>

Penney, T. L., & Kirk, S. F. (2015). The Health at Every Size paradigm and obesity: missing empirical evidence may help push the reframing obesity debate forward. American journal of public health105(5), e38–e42. https://doi.org/10.2105/AJPH.2015.302552

Resenbloom, C. (2022). What Is Health at Every Size and Why Is It Important?. [online] Tersedia di: <https://www.verywellfit.com/health-at-every-size-5248646>

Artikel Lainnya