ALASAN KENAPA KAMU MEMILIH MENGONSUMSI PROTEIN POWDER

Ladies, protein merupakan salah satu makronutrien yang asupan jumlah per harinya penting untuk diperhatikan dalam dietmu. Tidak seperti saat kelebihan lemak (yang dapat kita simpan dengan sangat mudah di bagian tertentu di tubuh seperti perut, lengan atau bokong), tubuh kita tidak menyimpan banyak asam amino ekstra. Protein selalu digunakan, didaur ulang, dan terkadang dikeluarkan setiap harinya. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup protein tiap harinya, maka tubuh akan mulai memakai protein dari bagian yang kita butuhkan, seperti otot.  Kekurangan protein di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuhmu seperti kehilangan massa otot, penurunan metabolisme tubuh, proses penyembuhan lebih lambat jika kamu mendapatkan luka atau memar, mood swing, serta kesehatan tulang terganggu. 

Seseorang yang sedentary dimana melakukan aktivitas fisik sangat rendah membutuhkan jumlah protein minimum 0,8g protein/kg berat badan/harinya. Seseorang yang aktif berolahraga membutuhkan protein untuk membangun dan mempertahankan massa ototnya di rentang 1,2-2,2 g protein/kg berat badan/hari (g/kg/hari). Sementara seseorang yang sangat aktif membutuhkan protein di rentang 1,6-3,3 g protein/kg berat badan/hari. Kebutuhan protein dapat dicukupi dari makanan sumber protein hewani maupun nabati. Namun ladies, ada beberapa kondisi dimana kamu memerlukan bantuan protein powder untuk memenuhi asupan protein harianmu yaitu seperti berikut ini :

1. Target Asupan Protein Harian yang Tinggi

Biasanya seseorang dengan kondisi ini memiliki target entah itu mempertahankan atau ingin meningkatkan massa ototnya sehingga membutuhkan asupan protein harian tinggi yang tidak memungkinkan didapatkan hanya dari makanan utuh saja karena tidak merasa cukup lapar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

2. Aktivitas yang Sibuk

Pada beberapa orang yang sangat sibuk dan memiliki target goals protein harian yang tinggi, mendapatkan sebagian asupannya dari makanan atau minuman yang praktis dapat dikonsumsi di tengah kesibukannya adalah pilihan kebanyakan orang.

3. Sedang Melakukan Travelling

Ketika sedang travelling tentu menjadi kendala pada sebagian orang yang terbiasa melakukan meal preparation sendiri. Bisa jadi kamu dihadapkan dengan kondisi pilihan makanan yang terbatas sehingga protein powder bisa membantu memenuhi asupan protein harian mu.

4. Nafsu Makan Menurun

Ada kondisi dimana seseorang kehilangan nafsu makannya karena kondisi tertentu sehingga membutuhkan protein powder untuk membantu asupan protein hariannya.

5. Asupan Protein Saat Olahraga yang Praktis

Rekomendasi asupan protein saat kamu olahraga minimum 20 gram per sajian untuk mengganti jaringan sel-sel otot yang rusak dan menstimulasi pertumbuhan otot baru. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya hanya dari satu scoop atau satu sachet protein powder saja.

Kualitas Protein Powder Apa yang Paling Baik?

Salah satu untuk menentukan kualitas protein yaitu dengan melihat skor PDCAAS (Protein Digestibility Corrected Amino Acid Score), adalah ukuran seberapa banyak protein yang benar-benar dapat dicerna oleh tubuh. Skor tertinggi yang mungkin adalah 1,0. Dan semakin tinggi skornya, semakin tinggi kualitas proteinnya.

Ada skala lain yang lebih disukai beberapa orang, karena dapat memberikan gambaran bioavailabilitas yang lebih akurat yaitu Skor Asam Amino yang Sangat Dapat Dicerna (DIAAS). Mirip dengan PDCAAS, semakin tinggi skornya, semakin tinggi kualitas proteinnya Berikut merupakan skor PDCAAS dan DIAAS dari berbagai sumber protein:

Tabel di atas menunjukkan bahwa kualitas protein terbaik menurut skor PDCAAS dan DIAAS ada pada whey protein isolat, whey protein konsentrat, putih telur dan kasein susu. 

Nah itu dia ladies, alasan kenapa seseorang memilih untuk mengkonsumsi protein powder yah. Alangkah baiknya jika kamu mengetahui dahulu jumlah asupan protein harian mu dengan mempertimbangkan aktivitas harian serta berat badan kamu sekarang.

Sumber:

Rian Maciel dan Julia. “What’s the best protein powder?” Your complete guide to choosing the right supplement for you”. https://www.precisionnutrition.com/how-to-choose-protein-powder#whentodrinkprotein , diakses pada tanggal 04 Agustus 2022.

Ralf dkk. 2017. “International Society of Sports Nutrition Position Stand: protein and exercise”. https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12970-017-0177-8#:~:text=General%20recommendations%20are%200.25%20g,dose%20of%2020%E2%80%9340%20g.&text=Acute%20protein%20doses%20should%20strive,essential%20amino%20acids%20(EAAs).

Artikel Lainnya