YES, YOU CAN DO IT! TETAP TERMOTIVASI DALAM BEROLAHRAGA

Ladies, bagi sebagian orang, melakukan olahraga terkadang terasa amat melelahkan. Banyak pula yang hanya bersemangat di awalnya saja, lalu kemudian kehilangan motivasi untuk berolahraga. Tak sedikit pula yang kemudian menyerah.

Memulai sesuatu yang baru memanglah tidak mudah ladies. Tapi percayalah, ketika kamu memulainya kamu telah mengambil sebuah langkah yang besar. Agar tetap termotivasi dalam berolahraga, kamu bisa menerapkan beberapa kiat berikut ini.

1. Tetapkan Goals

Ketika memulai sesuatu, maka tetapkanlah goals atau tujuan yang ingin kamu capai. Mulailah dengan tujuan yang sederhana dan kemudian lanjutkan ke tujuan jangka panjang. Ingat ladies, buat tujuan yang realistis dan dapat dicapai. Sebab biasanya akan sangat mudah frustasi dan menyerah jika tujuan terlalu ambisius. Misalnya dimulai dari olahraga 30 menit 3 kali dalam seminggu, kemudian seiring waktu tingkatkan lagi goals kamu.

2. Buatlah Menyenangkan

Kamu bisa melakukan olahraga yang kamu sukai, variasikan jenis olahraga yang kamu lakukan agar tetap menarik, dan cobalah sesuatu yang berbeda. Mungkin kamu juga bisa bergabung dengan club olahraga seperti kelas yoga, badminton, kickboxing, dll. Melakukan olahraga bersama dengan teman atau orang terdekat juga akan terasa menyenangkan.

3. Buatlah Catatan Olahraga

Membuat catatan terkait progress olahraga mungkin bisa menjadi salah satu cara agar motivasi kamu dalam berolahraga tidak kendur ladies. Kamu bisa membuat catatan dalam bentuk jurnal online atau di buku catatan. Kamu bisa mencatat berapa kali repetisi, berapa lama durasi, seberapa jauh jarak yang kamu tempuh, dan perubahan komposisi tubuhmu. Saat ini telah banyak platform yang tersedia untuk mencatat aktivitas fisik apa saja yang kamu lakukan, dan ada informasi terkait jumlah pengeluaran energinya juga, misalnya seperti FatSecret.

4. Jangan Jadikan Olahraga sebagai Hukuman

Ketika menjalani diet dan kemudian kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah besar atau ketika kamu melewatkan jadwal olahragamu, seringkali muncul rasa bersalah. Hingga akhirnya bertekad untuk melakukan olahraga lebih keras untuk membakar kalori dari makanan yang dimakan dan olahraga yang dilewatkan sebelumnya. Ingat ladies, olahraga bukanlah suatu hukuman. Tidak masalah jika kamu terlalu sibuk hingga tidak sempat olahraga atau sedang tidak ingin olahraga, kamu bisa berisirahat sejenak. Atau jika kamu makan terlalu banyak, tidak harus berolahraga dengan keras untuk membakar kalori. Cukup lakukan olahraga seperti biasanya saja. Nikmati setiap proses dalam olahraga agar tetap sehat dan bugar.

5. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Jika kita berkaca pada orang lain, memang tidak akan ada habisnya. Akan selalu ada orang yang mungkin lebih bugar, lebih cepat, atau lebih fleksibel dari kamu. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Fokus pada tujuan, kemajuan, dan kemampuan diri kamu sendiri.

6. Dapatkan Dukungan dari Orang Sekitar

Temukan teman, keluarga, rekan kerja atau orang sekitar yang akan mendorong kamu untuk tetap berada di jalur yang benar. Minta bantuan mereka untuk selalu mendukung upaya kamu dalam hidup sehat.

7. Beri Reward pada Diri Sendiri

Setelah kamu menyelesaikan sesi olahraga, luangkan waktu beberapa menit untuk menikmati perasaan baik yang kamu dapatkan dari berolahraga. Jenis reward internal ini bisa membantu kamu membuat komitmen jangka panjang untuk berolahraga secara teratur. Selain itu, kamu juga bisa memberikan reward eksternal. Misalnya seperti ketika kamu berhasil mencapai target yang ingin kamu capai, tidak ada salahnya memanjakan diri kamu dengan melakukan pijatan, pergi ke salon, membeli sepatu baru atau pakaian baru, dan sebagainya.

Ladies, itu dia kiat-kiat yang bisa kamu terapkan agar tetap termotivasi dalam berolahraga. Ingat ladies, setiap langkah yang kamu ambil akan membawa dampak besar pada hidupmu, begitupun dengan berolahraga. Berolahraga membuatmu menjadi lebih sehat, bugar, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, terutama bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Ketika perasaan ingin menyerah muncul, coba ingat kembali alasan dan tujuan kamu berolahraga. Yakinlah pada dirimu sendiri kalau kamu bisa mencapai tujuanmu.

Sure, You Can Do!

Sumber:

Anderson, V. (2013). 10 Ways to Boost Your Exercise Motivation. [online] Tersedia di: <https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/exercise-motivation#1> [Diakses pada 10 November 2021].

Mayoclinic.com. (2021). Fitness: Tips for staying motivated. [online] Tersedia di: <https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/fitness/art-20047624> [Diakses pada 10 November 2021].

Artikel Lainnya