OLAHRAGA SAAT SEDANG SAKIT ITU DISARANKAN TIDAK YA?

Ladies, olahraga sering sekali dikaitkan dengan tubuh yang lebih bugar dan sehat. Bahkan, banyak sekali peneliti yang percaya bahwa olahraga teratur bisa melindungi diri kita dari flu dan demam. Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan selama 30 hingga 45 menit seperti jalan kaki, bersepeda, atau berlari bisa mengurangi lebih dari separuh risiko infeksi pernapasan. Secara umum, aktivitas fisik adalah cara bagus untuk melindungi diri dari penyakit, hal tersebut karena sistem kekebalan tubuh kamu membutuhkan aktivitas untuk melakukan tugasnya dengan lebih baik. Faktanya, setiap kali berolahraga, akan terjadi peningkatkan sirkulasi sel kekebalan yang penting.

Namun, bagaimana jika Kamu saat itu sakit? Apakah olahraga disarankan pada orang yang sedang mengalami flu atau demam? Ternyata olahraga sangat tidak disarankan untuk orang yang sedang sakit. Memang, olahraga sangat bagus untuk pencegahan penyakit, tapi dapat menjadi pengobatan yang buruk. Meski begitu, sebuah penelitian dari Ball State University, AS menunjukkan bahwa olahraga ringan tidak berpengaruh pada durasi dan keparahan flu pada umumnya. Jika muncul gejala menular seperti sinus, hidung tersumbat, hingga gangguan tenggorokan dan lainnya, olahraga tidak akan menyembuhkan tapi juga tidak memperparah. Artinya, tidak ada banyak bahaya untuk terus berolahraga ketika sakit. Namun ceritanya akan berbeda jika Kamu terserang flu parah atau infeksi sistemik lainnya. Olahraga merupakan ide yang buruk bagi penyakit yang cukup parah. Tubuh yang terinfeksi flu berat dapat bereaksi sangat burut terhadap aktivitas fisik.

Ringan dan sedangnya intensitas olahraga yang kamu lakukan bisa terukur salah satunya melalui talk tes. Jika masih mampu diajak berbicara saat melakukan suatu jenis olahraga, artinya itu masuk kategori ringan. Namun jika merasa kesulitan diajak berbicara tetapi masih bisa merespon, artinya olahraga yang kamu lakukan sudah masuk intensitas sedang.

Dengan kata lain pentingnya berolahraga atau setidaknya bergerak aktif, sudah menjadi rekomendasi para ahli kesehatan sejak lama, agar terhindar dari beragam penyakit khususnya yang tidak menular seperti penyakit jantung dan diabetes. Tak hanya olahraga, konsumsi makanan sehat dan tidur cukup juga menjadi modal penting agar tubuh sehat. Namun ada catatan penting soal olahraga di kala sakit. Jika flu atau kondisi lainnya menyebabkan infeksi sistemik, berolahraga merupakan ide buruk. Hal ini juga diungkapkan profesor pendidikan kesehatan dari Wayne State University, Mariane Fahlman. Dia mengatakan, saat seseorang menderita flu atau demam yang menyebabkan infeksi, sistem kekebalan tubuhnya bekerja keras melawan infeksi itu.

Sumber:

https://www.precisionnutrition.com/wp-content/uploads/2018/08/should-you-exercise-when-sick-infographic-printer.pdf
https://time.com/5167299/should-you-exercise-when-you-are-sick

Artikel Lainnya