KESIANGAN BANGUN SAMPAI MELEWATKAN SAHUR, BEGINI TIPS AGAR KAMU TETAP KUAT BERPUASA SEHARIAN

Girls, apa kamu pernah bangun kesiangan saat sahur, sampai-sampai keburu Adzan Subuh dan kamu tidak sempat sahur? Ketika Adzan Subuh sudah berkumandang itu artinya waktu sahur sudah berakhir dan kita tidak boleh lagi makan ataupun minum. Lantas bagaimana jika kesiangan dan melewatkan sahur? Tentu, kamu harus tetap berpuasa, karena puasa Ramadan hukumnya wajib bagi kaum Muslim.

Lalu, apa bisa kita kuat berpuasa seharian jika tidak sahur? Eits tenang, kamu tetap bisa berpuasa meskipun melewatkan sahur. Berikut beberapa tips supaya kamu tetap kuat berpuasa meskipun tidak sahur.

1. Segera bangun dan dapatkan sinar matahari

Kamu bisa memulai harimu dengan mendapatkan sinar matahari. Buka pintu dan jendela rumahmu agar sinar matahari bisa masuk, kamu juga bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi. Ini akan memberikan sinyal pada tubuh agar bekerja sesuai dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh.

2. Hindari aktivitas berat

Melewatkan sahur membuatmu tidak memiliki banyak sumber energi untuk beraktivitas, untuk itu sebaiknya hindari aktivitas yang berat dan memiliki intensitas tinggi. Pilihlah aktivitas yang ringan. Sebisa mungkin hemat pengeluaran energi, agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

3. Tidur siang

Jika memungkinkan, tidur siang sekitar 10 – 20 menit. Tidur siang singkat ini dikenal dengan istilah power nappower nap bermanfaat untuk memberikan waktu istirahat bagi tubuhmu, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kemampuan berpikir. Tapi, jangan terlalu lama tidurnya ya ladies, karena itu bisa membuat tubuhmu lesu dan jadi kurang produktif nantinya. Cukup tidur sejenak, ini bisa membantu mengembalikan energi dan membuat mood kamu lebih baik.

4. Alihkan pikiran

Daripada memikirkan apakah kamu akan kuat berpuasa seharian tanpa sahur, lebih baik alihkan pikiranmu ke hal-hal lainnya. Karena terlalu larut dalam pikiran tersebut justru hanya akan membuat kamu tersugesti menjadi lemas dan lapar. Cobalah untuk memikirkan atau mencari kesibukan lain, misalnya perbanyak melakukan ibadah Sunnah, membaca Al-Qur’an, mengikuti kajian, atau melakukan aktivitas yang disukai. Ini akan membantu kamu melalui hari puasa yang panjang.

5. Dalami makna puasa

Berpuasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus. Tapi labih dari itu, puasa bertujuan agar kamu lebih bertakwa, menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan dari Allah SWT. Puasa merupakan media yang mengantarkan mausia mencapai ketakwaan melalui pengendalian hawa nafsu. Bukan hanya sebatas nafsu untuk makan dan minum saja, tapi nafsu duniawi lainnnya.

Girls, itulah beberapa tips agar kamu tetap kuat berpuasa seharian meski tidak sahur. Meskipun memungkinkan bagi kamu untuk menjalani puasa tanpa sahur, namun jangan terlalu sering melewatkan sahur ya girls. Sahur itu penting, konsumsi makanan dan minuman yang cukup saat sahur membantu kita memiliki sumber energi untuk beraktivitas selama seharian berpuasa. Sahur juga mencegah kita dari risiko dehidrasi, menurunnya keseimbangan tubuh, kelelahan, kurang energi, pusing, konstipasi, dan sakit perut. Apalagi kalau kamu memiliki masalah maag, jangan sampai melewatkan sahur ya.

Nah, supaya kamu tidak kesiangan untuk bangun sahur, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan nih. Yuk simak tips berikut!

  • Hindari faktor pemicu insomnia, seperti konsumsi kafein dan makanan tinggi indeks glikemik, hindari penggunaan gadget dan menonton televisi sebelum tidur.
  • Usahakan tidur lebih awal.
  • Hindari makan menjelang tidur, berikan jeda 2 – 3 jam antara waktu makan dan waktu tidur.
  • Pasang alarm, jika kamu bertugas menyiapkan makanan, maka pasang alarm lebih awal. Kamu juga bisa meminta bantuan anggota keluarga atau temanmu untuk membangunkan kamu sahur.
  • Biasakan bangun pagi, ketika kita terbiasa bangun pagi, tubuh akan secara otomatis menyesuaikan siklus bagun – tidur, sehingga kamu lebih mudah untuk bangun saat sahur.

Jangan sampai telat sahur lagi ya girls!

Sumber:

Dompet Shuafa. (2021). Makna Puasa Ramadan Bagi Umat Islam. [online] Tersedia di: <https://www.dompetdhuafa.org/makna-puasa-ramadan/> [Diakses 30 Maret 2022].

Halodoc. (2021). Ini Bahaya Puasa Tanpa Sahur yang Wajib Diketahui. [online] Tersedia di: <https://www.halodoc.com/artikel/ini-bahaya-puasa-tanpa-sahur-yang-wajib-diketahui> [Diakses 31 Maret 2022].

SehatQ. (2021).  Telat Sahur Karena Ketiduran, Ini Rahasia Tetap Kuat Puasa. [online] Tersedia di: <https://www.sehatq.com/artikel/telat-sahur-karena-ketiduran-ini-rahasia-tetap-kuat-puasa> [Diakses 30 Maret 2022].

Artikel Lainnya