JAGA TUBUH TETAP IDEAL SAAT LIBURAN TAHUN BARU, COBA TIPS INI YUK

Tidak terasa ya Girls ternyata kita semua sudah berada di penghujung tahun. Biasanya menjelang akhir tahun sudah mulai banyak agenda liburan bersama keluarga, pasangan atau teman. Pada saat liburan tentunya yang tidak pernah ketinggalan yaitu acara makan-makan. Nah, biasanya pada moment tersebut makanan yang dikonsumsi jadi tidak terkontrol dan membuat berat badan tidak terkontrol pasca liburan akhir tahun. Tapi tentunya tidak mungkin juga apabila tiba-tiba menjauh ketika sedang berkumpul agar tetap dapat mengontrol asupan makan pada moment tersebut kan Girls?.

Lalu langkah apa yang sebaiknya dilakukan?

Hal yang dilakukan tidak harus selalu langkah yang besar kok Girls. Berikut adalah langkah kecil tapi berdampak besar yang bisa kamu terapkan:

1. Ubah cara pengolahan makanan

Salah satu cara yang mudah dan simple adalah mengubah cara pengolahan sehingga sedikit menggunakan minyak. Misalnya dari yang dibakar menjadi dikukus (roti bakar ke roti kukus) atau dari yang digoreng dengan minyak banyak menjadi ditumis dengan minyak sedikit (ayam goreng menjadi tumis ayam suwir). Apabila sudah mengubah cara pengolahannya bukan berarti jadi bisa bebas menambahkan porsi atau memilih makanan dengan densitas energi yang tinggi ya. Kamu harus tetap bijak dalam pemilihan makanan ya Girls.

2. Pilih makanan dengan densitas energi yang rendah

Densitas energi adalah ukuran jumlah kalori per gram dari suatu sumber makanan. Apabila makanan berdensitas energi rendah artinya makanan tersebut mengandung kalori relatif rendah disamping berat, ukuran dan volumenya yang besar. Sehingga kamu bisa pilih makanan dengan densitas energi yang rendah seperti sayur dan buah agar kamu bisa konsumsi dengan jumlah yang cukup banyak namun jumlah kalorinya tetap tidak terlalu besar.

3. Mulai batasi asupan Gula, Garam dan Minyak

Tahu gak sih Girls densitas energi dari gula, garam dan minyak itu tinggi loh. Bisa diartikan, walaupun kita konsumsi sedikit namun mengandung kalori yang tinggi. Sehingga sebaiknya batasi asupan gula, garam dan minyak. Seperti yang sudah diatur oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahwa asupan gula tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan), garam tidak melebihi 2000 mg natrium/sodium atau 5 gram (1 sendok teh) dan lemak hanya 67 gram (5 sendok makan). Contoh gula dan olahannya adalah es kopi susu, es cokelat, madu, permen, boba dan lain-lain. Garam dan olahannya misalnya yaitu makanan instan, keripik, makanan kaleng dan lain-lain. Sedangkan untuk minyak dan turunannya yaitu termasuk kulit ayam, gorengan dan lain-lain.

Kamu bisa langsung mempraktekan pada saat pesta tahun baru biasanya banyak yang membakar jagung dengan olesan mentega dengan kecap manis yang banyak, maka kamu cukup bakar jagung dengan bumbu olesan yang sedikit atau bahkan tanpa olesan. Karena sejatinya jagung sudah memiliki rasanya sendiri, sehingg akan tetap enak jika dibakar walaupun tanpa olesan.

4. Minum segelas air sebelum dan sesudah makan

Banyak yang tidak menyadari bahwa minum air juga salah satu upaya untuk kontrol rasa kenyang loh. Karena apabila minum segelas air sebelum makan kamu bisa mendeteksi rasa lapar yang sedang dialami ini memang benar-benar rasa lapar suguhan atau bukan. Lalu apabila meminum air setelah makan maka kamu bisa memaksimalkan rasa kenyang setelah makan, sehingga kamu benar-benar merasa kenyang tanpa ada rasa ingin menambahkan porsi makan yang sudah sesuai dengan kebutuhan asupan kalori dan nutrisi harianmu.

5. Substitusi bahan makanan tertentu

Masih berhubungan dengan densitas energi, salah satu cara untuk mengurangi jumlah kalori yang terkandung dalam suatu makanan bisa ganti salah satu bahan baku. Sebagai contohnya mie tepung terigu dengan mie shirataki yang rendah kalori. Selain itu bisa juga mengganti nasi dengan kentang untuk mendapatkan porsi kentang yang lebih banyak daripada nasi namun untuk kalori berjumlah sama.

6. Konsumsi makanan yang beragam

Walaupun memang sedang menjaga berat badan, kamu harus tetap konsumsi makanan yang beragam agar sesuai dengan pedoman gizi seimbang Girls. Bisa mulai dengan padu padankan makanan khas tahun barumu dengan sayuran atau buah. Misalnya padukan ayam bakar dengan aneka sayur dan buah serta asupan karbohidrat yang berasal dari serealia dan umbi-umbian.

7. Sesuaikan olahraga dengan moment

Maksudnya gimana sih? Nah jadi karena memang sedang moment liburan akhir tahun maka kamu harus tetap berolahraga. Tidak harus olahraga berat kok Girls, sesuaikan saja dengan moment. Saat liburan maka kamu bisa pilih berpergian dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya cukup dekat atau sedang dengan berjalan kaki bersama temanmu. Saat berjalan kaki menuju tempat tujuan kamu bisa sambil mengobrol dan bercerita, tentunya rasa capek dan jarak tempuh yang dilalui tidak akan terasa berat. Hal positif yang didapat selain tetap bisa olahraga di waktu liburan kamu juga bisa lebih berhemat.

Itu dia Girls beberapa hal di atas merupakan cara untuk tetap bisa menjaga berat badan dengan menjaga asupan makanan yang juga bisa kamu terapkan setiap hari. Untuk tips lainnya silahkan pantau terus website WRP Indonesia ya Girls.

Sumber

Dewi, U. P., & Dieny, F. F. (2013). Hubungan antara densitas energi dan kualitas diet dengan indeks massa tubuh (IMT) pada remaja (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Healthline.com. (2019). Drinking Liquids with Meals: Good or Bad? [online] Tersedia di https://www.healthline.com/nutrition/drinking-with-meals#healthy-digestion

Healthline.com. (2020). Is There a Best Time to Drink Water? [online] Tersedia di https://www.healthline.com/nutrition/best-time-to-drink-water#before-after-exercise

Supriati, Y. (2016). Keanekaragaman iles-iles (Amorphophallus spp.) dan potensinya untuk industri pangan fungsional, kosmetik, dan bioetanol. Jurnal Litbang Pertanian35(2), 69-80.

Artikel Lainnya