HILANG SELERA MAKAN SAAT SAKIT? BANGKITKAN SELERA MAKANMU DENGAN MAKANAN INI!

Girls, saat sakit seringkali kita kehilangan selera atau nafsu makan. Akibatnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi sedikit. Padahal, saat sakit kita butuh lebih banyak asupan untuk mendukung proses pemulihan yang lebih cepat.

Hilangnya selera makan saat sedang sakit merupakan hal yang lumrah terjadi. Saat sedang sakit, tubuh akan melepaskan senyawa kimia yang dikenal sebagai sitokin, sebagai respons inflamasi dan respons imun yang bekerja pada neuron di otak. Sitokin ini menekan nafsu makan dan mambuat kita kurang berselera untuk makan.

Terlebih saat sakit, gejala seperti mual, muntah, diare, atau anosmia juga sering dialami, ini bisa membuat selera makan makin berkurang. Nafsu makan yang hilang, jika dibiarkan secara terus menerus bisa mengakibatkan penurunan berat badan dan memperburuk kondisi kesehatanmu, Untuk itu, penting bagi kita membangkitkan kembali selera makan, agar asupan energi yang dibutuhkan bisa terpenuhi guna menunjang proses pemulihan lebih cepat.

Bagaimana membangkitkan selera makan saat sakit?

Saat sakit, tubuh memerlukan lebih banyak asupan zat gizi untuk menunjang sistem imun agar dapat melawan bakteri atau virus yang menyerang. Tapi, nafsu makan yang menurun seringkali membuatmu merasakan kenyang padahal baru makan beberapa suap saja, atau merasa ingin melewati waktu makan. Ketika kamu mengalami hal tersebut, cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan energi seperti protein. Protein bukan hanya padat energi, tapi juga bermanfaat untuk memperbaiki dan membangun kembali sel-sel dan jaringan yang rusak akibat infeksi. Beberapa makanan sumber protein diantaranya seperti dada ayam, telur, ikan, daging, tempe, tahu, kacang-kacangan, susu dan produk susu.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan tips berikut:

  • Makan dengan porsi kecil tapi sering, misalnya makan berat 3-4x dan camilan 3-4x sehari
  • Atur posisi makan yang baik, bisa duduk sambil melihat ke luar untuk menghirup udara segar
  • Makan dengan perlahan
  • Konsumsi makanan yang bisa membangkitkan selera makan

Makanan pembangkit selera makan

Ketika sedang sakit, kamu mungkin kehilangan nafsu makan dan sulit menelan apapun. Tapi, jika kondisi ini dibiarkan, kamu tidak makan atau minum, maka kamu bisa mengalami dehidrasi. Apalagi jika kamu mengalami gejala muntah atau diare yang memperburuk kondisimu.

Kamu mungkin akan sangat dehidrasi sehingga tidak bisa berjalan, atau bahkan pingsan. Dehidrasi sedang hingga berat butuh penanganan medis yang cepat. Jika tidak segera ditangani, dehidrasi dapat menyebabkan masalah kemih atau ginjal, kejang, bahkan kematian.

Berikut ini ada beberapa makanan atau minuman yang baik dikonsumsi saat sakit, untuk mencegah dehidrasi sekaligus membangkitkan selera makanmu.

  1. Minuman

Cukupi kebutuhan air harianmu minimal 8 gelas air per hari, Selain air putih, beberapa minuman yang dianjurkan meliputi jus buah, air kelapa, teh herbal, smoothies, dll. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, kamu bisa terhindar dari risiko dehidrasi.

  1. Sup

Sup menjadi pilihan kebanyakan orang saat mereka sakit. Ini karena sup bukan hanya memberikan hidrasi untuk tubuh, tapi juga memberikan efek yang lebih mengenyangkan. Menyantap semangkuk sup hangat bisa membantu membangkitkan selera makanmu. Selain itu, untuk membuat sup juga mudah Kamu cukup merebus berbagai macam bahan ke dalam air mendidih dan menambahkan bumbu dan kaldu. Untuk meningkatkan nilai gizinya, cobalah untuk mencampurkan berbagai bahan seperti sumber protein (ikan, ayam, daging, telur) dan beragam sayuran (brokoli, wortel, buncis, dll).

  1. Buah-buahan

Buah-buahan segar mengandung banyak zat gizi penting, seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, buah juga kaya kandungan air sehingga bisa membantu menghidrasi tubuhmu. Rasa buah yang manis dan segar bisa menjadi alternatif pembangkit selera makan bagi kamu yang kehilangan selera makan saat sakit. Kamu bisa mengonsumsi berbagai buah, diantaranya seperti melon, berry, apel, jeruk, anggur, dll.

  1. Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang bermanfaat untuk meredakan mual. Ini karena kandungan senyawa di dalam jahe dapat meningkatkan respons pencernaan dan mempercepat pengosongan perut yang dapat mengurangi mual. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus, dijadikan teh jahe, atau dimasak dengan bahan makanan lainnya.

Nah girls, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan selera makanmu. Ingat ya girls, kalau sedang sakit, jangan turuti nafsu makan menurun. Kamu harus makan untuk mempercepat pemulihan.

Sumber:

Cleveland Clinic. (2021). The Best Foods to Eat When You’re Sick. [online] Tersedia di: <https://health.clevelandclinic.org/the-best-foods-to-eat-when-youre-sick/> [Diakses pada 16 Maret 2022].

Jauhara, F. N. (2022). Daftar Makanan Pembangkit Selera untuk Orang yang Sedang Sakit. [online] Tersedia di: <https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/makanan-pembangkit-selera-orang-sakit/> [Diakses pada 16 Maret 2022].

WebMD. (2020). Reasons You’re Not Hungry. [online] Tersedia di: <https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-reasons-not-hungry#:~:text=When%20you’re%20sick%2C%20your,fight%20what’s%20making%20you%20ill.> [Diakses pada 16 Maret 2022].

Artikel Lainnya