CUKUP PAKAI TELAPAK TANGAN, KAMU SUDAH BISA UKUR PORSI MAKAN KAMU

Ladies, mengontrol asupan kalori dari makanan yang dikonsumsi tentu bukanlah sebuah perkara yang mudah. Pasalnya, setiap jenis makanan yang kita konsumsi memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda. Selain itu, mengetahui berat makanan yang akan dimakan, mengelompokkannya ke dalam jenis zat gizi hingga mengonversikannya ke satuan kalori membutuhkan kemampuan dan ketelitian yang cukup rumit. Padahal semakin hari semakin banyak orang yang sadar akan kebutuhan kalori dan kecukupan kalori dari makanan yang dikonsumsinya. Walaupun sudah banyak aplikasi online yang dapat membantu permasalahan kamu tersebut, nyatanya masih banyak orang yang mengurungkan niat untuk menerapkan hal tersebut.

Untuk kita yang masuk kedalam wanita Active, memenuhi kebutuhan nutrisi sangatlah penting untuk menunjang performa aktivitas kita sehari-hari. Banyak juga dari kita tentunya yang mengajukan pertanyaan mengenai kalori dan zat gizi kepada para pelatih kebugaran, terutama mereka yang ingin menurunkan berat badan. Padahal, pelatih kebugara tidaklah memiliki kapasitas penuh untuk menjawab pertanyaan kita tentang itu, terkecuali seorang pelatih kebugaran yang sudah mengikuti pelatihan nutrisi atau sudah tersertifikasi. Pelatih kebugaran tanpa sertifikasi hanya diperbolehkan untuk memberikan saran dan arahan mengenai pengaturan konsumsi makanan agar dapat mengimbangi latihan kebugaran yang dilakukan sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan target dan harapan klien.

Nah, seiring berkembanganya teknologi dan ilmu pengetahuan. Ternyata mengukur asupan kalori juga bisa menggunakan telapak tangan lho. Metode pengontrolan asupan kalori menggunakan telapak tangan adalah cara paling mudah dan praktis serta dapat dilakukan siapa saja, kapan saja dan dimana saja tanpa memerlukan usaha lebih. Pengontrolan kalori menggunakan bantuan telapak tangan ini juga sudah diteliti oleh berbagai pihak dan telah diketahui bahwa metode ini cukup akurat dan mendekati perhitungan kalori yang sebenarnya. Metode ini terbagi menjadi 4 bagian:

Sumber: Precision Nutrition

Sumber: Precision Nutrition

  • Telapak tangan sebagai acuan porsi protein,
  • Kepalan tangan sebagai acuan porsi sayur dan buah,
  • Tangkup tangan sebagai acuan porsi karbohidrat,
  • Ibu jari sebagai acuan porsi lemak

Pengontrolah porsi makanan menggunakan ukuran telapak tangan ini dapat diterapkan untuk laki-laki dengan kebutuhan 2300-3000 kalori/hari dan perempuan 1500-2100 kalori/hari. Dalam satu telapak tangan mengandung sekitar 20-30 g berat protein, sedangkan dalam satu kepalan tangan, mengandung sekiranya 20-30 g berat karbohidrat, untuk satu ibu jari dalam porsi lemak, mengandung sekitar 7-12 g berat lemak.

Untuk kebutuhan asupan kalori setiap individu pastinya berbeda antara yang satu dengan yang lainnya ya, kamu perlu menyesuaikan kebutuhan makan kamu dengan kegiatan yang kamu jalankan. Jadi kebutuhan nutrisi harian tubuhmu tidak bisa kamu sama ratakan dengan orang lain ya. Kenali dan pahami tubuhmu sebaik mungkin agar kamu dan tubuhmu mampu bekerjasama dengan baik dalam menjalankan fungsinya masing-masing.

Keep healthy and stay Active Ladies!

Sumber:

Precision Nutrition. (2019). Hand-Size Portion Guide. [online] Tersedia di: <https://www.precisionnutrition.com/wp-content/uploads/2019/09/Hand-portion-guide-FF.pdf>

Artikel Lainnya