CEK KANDUNGAN GIZI SAWI GULUNG DAGING SAUS GOCHUJANG YANG VIRAL YUK!

Girls, belakangan ini sempat viral resep sawi gulung dengan isian ayam atau daging giling dengan saus gochujang khas Korea. Tak sedikit orang yang mencoba untuk membuatnya. Apakah kamu termasuk salah satu yang sudah mencoba membuatnya? Atau mungkin belum dan kamu tertarik untuk mencobanya? Tapi, sebelumnya mari kita cari tahu terlebih dahulu cara membuatnya dan kandungan gizi di dalamnya girls!

Untuk membuat sawi gulung daging saus gochujang ini ternyata tidak terlalu rumit lho girls. Kamu bisa mengikuti resep di bawah ini yaa!

Resep Sawi Gulung Daging Saus Gochujang

Jumlah sajian: 10 buah

Bahan-bahan:

  • 10 lembar sawi putih
  • 300 g daging sapi giling
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur (gunakan bagian putihnya saja)
  • 50 g wortel parut
  • 1 batang daun bawang (iris halus)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • Air secukupnya untuk merebus dan mengukus

Bahan saus:

  • 200 ml air
  • 1 sdm tepung maizena
  • 3 sdm saus gochujang
  • 2 sdm bubuk cabai
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk
  • Sedikit minyak untuk menumis

Cara Membuat Sawi Gulung Ayam:

  1. Siapkan panci yang diisi air, lalu didihkan. Setelah mendidih masukkan lembaran sawi, rebus sebentar saja hingga layu (sekitar 1 menit). Kemudian angkat dan rendam di dalam air dingin, tiriskan dan sisihkan.
  2. Siapkan wadah, masukkan daging giling ke dalam wadah (jika daging belum digiling, bisa haluskan terlebih dahulu dengan food processor). Tambahkan tepung tapioka, putih telur, irisan wortel, irisan daun bawang, saus tiram, minyak wijen, kaldu sapi bubuk, dan lada bubuk, aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Siapkan talenan atau alas datar, ambil selembar sawi yang telah layu dan lebarkan diatas talenan. Tambahkan isian adonan daging (sekitar 2 sdm) di atasnya, kemudian gulung sawi dengan rapat. Lakukan hingga sawi dan isian habis. Pastikan sawi tergulung sempurna dan tidak ada bagian yang terbuka.
  4. Kukus sawi gulung daging hingga matang
  5. Sementara menunggu sawi gulung dikukus, kamu bisa menyiapkan saus gochujang. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, kemudian tambahkan air dan aduk hingga merata.
  6. Tambahkan saus gochujang dan bubuk cabai, aduk hingga merata
  7. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air, kemudian tambahkan ke dalam adonan saus. Aduk hingga semua tercampur merata dan masak hingga mengental.
  8. Jika sawi gulung daging sudah matang, angkat dan tuangkan saus gochujang di atasnya, dan sawi gulung daging saus gochujang siap disajikan.

Dalam 1 buah sawi gulung daging saus gochujang mengandung kalori sekitar 120 kkal, dengan kandungan gizi sebagai berikut:

Zat Gizi %AKG
Energi Total120 kkal 
Lemak Total8 g11%
Protein8 g14%
Karbohidrat Total4 g1%
Serat1 g2%
Gula Total1 g 
Garam (Natrium)340 mg22%
Catatan: %AKG berdasarkan kebutuhan 2150 kkal. Kebutuhan anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah

Girls, itu dia kandungan gizi dari sawi gulung saus gochujang. Menu ini cocok kamu jadikan pilihan lauk untuk makan siangmu, sebab kaya akan protein. Dalam 1 buah sawi gulung saus gochujang mengandung protein hingga 8 g, jumlah ini sudah memenuhi sekitar 14% dari kebutuhan protein harianmu. Tak hanya itu, sawi yang dijadikan pembungkus juga menyumbangkan serat sekitar 2% dari kebutuhan serat harianmu. Tapi tetap yaa girls, kamu masih perlu tambahan sayur dan buah lagi untuk makan siangmu untuk melengkapi kebutuhan akan serat, vitamin dan mineral.

Selain itu, kamu juga perlu perhatikan jumlah konsumsinya yaa. Sebab 1 buah sawi gulung saus gochujang mengandung sekitar 340 mg garam, sementara batas konsumsi garam per hari yakni 2000 mg, belum lagi garam dari makanan lain yang kamu konsumsi. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan rasanya yang lezat, terkadang orang tidak sadar sudah mengonsumsi berapa banyak sawi gulung daging. Kamu bisa kombinasikan 1 buah sawi gulung daging ini dengan menu lengkap sesuai Gizi Seimbang, misalnya dengan Nasi 7 sdm, tahu pepes 1 buah, capcay sayuran 1 centong sayur, dan 1 porsi buah.

Bagi kamu yang tidak suka pedas, kamu bisa mengganti saus gochujang dengan saus tomat atau saus lainnya. Kamu juga bisa mengganti isian daging dengan ayam giling, dan menambahkan lebih banyak sayuran ke dalamnya, misalnya seperti kubis, buncis, dll.

Bagaimana girls, tertarik mencoba?

Sumber:

Dietisien.id. (2021). Cek Kandungan Gizi Resep Viral Sawi Gulung Daging Saus Tomat. [online] Tersedia di: <https://www.instagram.com/p/CVcJTwzpdzS/?utm_medium=copy_link> [Diakses 1 November 2021].

Fatsecret.co.id. (Tanpa Tahun). Database makanan dan penghitung kalori. [online] Tersedia di: <https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/> [Diakses 1 November 2021].

Idntimes.com. (2021). Lagi Viral, Begini Resep Sawi Gulung Korea yang Pedasnya Bikin Nagih. [online] Tersedia di: <https://www.idntimes.com/food/recipe/prila-arofani/resep-sawi-gulung-korea/5> [Diakses 1 November 2021].

PerBPOM No. 22 Tahun 2019 Tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan Olahan.

PerKaBPOM No. 99 Tahun 2016 Tentang Acuan Label Gizi

Artikel Lainnya