BENARKAH MINUM AIR HANGAT BISA MEMBANTU MEMBAKAR LEMAK?

Ladies, pernahkah kamu mendengar bahwa minum air hangat katanya bisa membantumu membakar lemak? Kira-kira benar atau tidak ya? Simak ulasan berikut yuk!

Air Hangat Meningkatkan Pembakaran Lemak, Mitos atau Fakta?

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa minum air hangat bisa menghancurkan lemak. Faktanya ini hanyalah mitos ya ladies. Belum ada penelitian yang cukup untuk menunjukkan apakah suhu air berperan dalam metabolisme dan pembakaran lemak.

Mitos ini bergantung pada premis bahwa sistem pencernaan perlu membawa air panas ke suhu inti tubuh untuk menyerap air, yang menurut mitos proses ini bisa membakar beberapa kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Meskipun benar bahwa tubuh menggunakan sekitar 10 kalori untuk mencerna 100 kalori, tapi tubuh tidak mengeluarkan banyak energi untuk menyerap air berapapun suhu airnya.

Disamping itu, mitos ini juga berkembang dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 14 orang di tahun 2003. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi air panas bisa meningkatkan metabolisme. Dalam penelitian ini 7 orang pria dan 7 wanita dengan berat badan normal mengonsumsi 500 ml air dan metabolismenya meningkat sekitar 30%. Peningkatan ini dikarenakan adanya respon termogenik. Sekitar 40% dari efek termogenik ini berasal dari pemanasan air 22 – 37°C. Menurut penelitian ini, mengonsumsi air hangat 2 L per hari akan menambah pengeluaran energi sebesar 400 kJ (95,6 kkal). Akan tetapi, dalam penelitian ini tidak dijelaskan faktor lain yang mungkin bisa memengaruhi metabolisme seperti makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, atau status kesehatan. Sehingga hasilnya bisa saja rancu dan sulit dikonfirmasi keakuratannya.

Dengan temuan inilah, orang-orang di seluruh dunia mulai bertanya-tanya apakah air panas membantu membakar lemak atau tidak. Sementara itu, penelitian tentang topik ini masih sangat dangkal dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah suhu air bisa memengaruhi pembakaran lemak. Terlepas dari itu, mungkin kita bisa mengalihkan perhatian dari suhu air ke manfaat minum air secara keseluruhan.

Manfaat Minum Air dalam Penurunan Berat Badan

Minum air diketahui bermanfaat dalam mendukung upaya penurunan berat badan, berapapun suhunya. Ada beberapa alasan mengapa mengonsumsi air bisa membantu menurunkan berat badan, di antaranya sebagai berikut:

  • Menekan nafsu makan – minum air bisa mengisi perut, membuatmu kenyang lebih lama dan mengurangi lapar. Terkadang kamu merasa lapar padahal sebenarnya hanya haus, coba minum segelas air untuk menghindari kamu makan camilan yang tidak perlu.
  • Membantu mengeluarkan urin dan feses – ketika kamu dehidrasi tubuh akan menahan air dan kamu mungkin mengalami konstipasi. Bagaimanapun air dan feses yang tidak dikeluarkan tersebut memiliki berat dan turut berkontribusi pada berat badanmu. Mencukupi kebutuhan air dan menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu mencegah tubuh menahan air dan melancarkan pencernaanmu.
  • Mengurangi asupan kalori – air tidak mengandung kalori dan bisa membuatmu kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan makan berlebih. Konsumsi 500 ml air 30 menit sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan.
  • Membantu proses metabolisme – air penting untuk proses pembakaran lemak dari makanan atau minuman dan lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Proses metabolisme lemak yang dikenal sebagai lipolisis, diawali dengan proses hidrolisis, dimana molekul air berinteraksi dengan trigliserida (lemak) untuk membuat gliserol dan asam lemak. Tanpa air tubuh tidak bisa memetabolisme simpanan lemak dengan baik.
  • Membantu dengan olahraga – salah satu komponen penting dalam penurunan berat badan ialah olahraga. Air membantu otot, jaringan ikat, dan persendian untuk bergerak dengan baik, serta membantu paru-paru, jantung, dan organ lain bekerja secara efektif saat berolahraga. Selain itu, menjadi terhidrasi juga mengurangi risiko seperti kram otot dan kelelahan.

Ladies, meskipun belum ada bukti yang cukup kuat mengenai apakah minum air hangat bisa meningkatkan pembakaran lemak atau tidak. Faktanya, air tidak mengandung kalori dan minum air memang bermanfaat dalam menurunkan berat badan, terlepas dari berapapun suhunya. Cukupi kebutuhan air harianmu dengan minum air 2 L atau 8 gelas air per hari.

Jaga tubuhmu tetap terhidrasi ya ladies!

Sumber:

Bjarnadottir, A. (2020).  How Drinking More Water Can Help You Lose Weight. [online] Tersedia di: <https://www.healthline.com/nutrition/drinking-water-helps-with-weight-loss>

Boschmann, M., Steiniger, J., Hille, U., Tank, J., Adams, F., Sharma, A. M., Klaus, S., Luft, F. C., & Jordan, J. (2003). Water-induced thermogenesis. The Journal of clinical endocrinology and metabolism88(12), 6015–6019. https://doi.org/10.1210/jc.2003-030780

Campbell, M. (n.d). How to Drink Hot Water for Weight Loss. [online] Tersedia di: <https://www.livestrong.com/article/52767-drink-hot-water-weight-loss/>

Huizen, J. (2018). Can water help you lose weight?. [online] Tersedia di: <https://www.medicalnewstoday.com/articles/322296>

Norris, R. (2019). Does Hot Water help Burn Fat?. [online] Tersedia di: <https://www.livestrong.com/article/360790-does-hot-water-help-burn-fat/>

Parretti, H. M., Aveyard, P., Blannin, A., Clifford, S. J., Coleman, S. J., Roalfe, A., & Daley, A. J. (2015). Efficacy of water preloading before main meals as a strategy for weight loss in primary care patients with obesity: RCT. Obesity (Silver Spring, Md.)23(9), 1785–1791. https://doi.org/10.1002/oby.21167

Artikel Lainnya