PILIH MANA, CANTIK INSTAN ATAU ALAMI?

Ladies, banyak wanita mendambakan bentuk tubuh serta wajah yang cantik. Beberapa dari mereka memilih melakukan berbagai prosedur kecantikan untuk mendapatkan bentuk tubuh serta wajah ideal yang diidamkan. Cara ini dianggap sebagai jalan pintas untuk mendapatkan bentuk tubuh dan wajah cantik dengan instan alias cepat. Tentunya, cara ini membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Padahal ladies, untuk tampil cantik bisa kamu peroleh dengan menerapkan pola hidup sehat lho. Hanya saja memang butuh waktu dan effort yang lebih besar, tapi lebih hemat tentunya.

Nah, kalau ladies lebih pilih cantik secara instan atau cantik alami? Sebelum memutuskan memilih yang mana, coba pertimbangkan beberapa hal berikut yuk ladies.

Pro-Kontra Cantik Instan dengan Melakukan Prosedur Kecantikan

Ada berbagai prosedur kecantikan yang belakangan cukup viral dilakukan oleh selebritis ataupun influencer di social media, mulai dari botoxfiller, suntik kurus, hingga liposuction. Namun, masing-masing memiliki pro dan kontra. Nah, berikut pro-kontra dari masing-maisng prosedur kecantikan tersebut.

1. Botox

Botox merupakan perawatan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan di area wajah, seperti di arena mata, dahi, dan membuat wajah lebih tirus dengan mengecilkan otot rahang. Perawatan ini dilakukan dengan menyuntikan protein yang terbuat dari toksin botulinum yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinumBotox merupakan neurotoksin yang menargetkan sistem saraf, yang bekerja dengan cara memblokir aktivitas saraf dan otot, sehingga otot melemah sementara waktu. Saat otot kulit rileks, permukaan kulit akan tampak lebih halus dan kencang.

Pro: Membantu mengurangi kerutan di area wajah dan dapat mengubah bentuk wajah menjadi lebih tirus sesuai keinginan. Hasilnya dapat terlihat dengan cepat, hanya butuh waktu sekitar 1-3 hari untuk toksin bekerja, dan paling lambat 5 hari untuk menampilkan hasil sepenuhnya.

Kontra: Ada beberapa efek samping yang mungkin timbul seperti mata kering, sakit perut, mati rasa, nyeri, bengkak dan memar di area suntikan, kelumpuhan sementara, memburuknya gangguan neuromuskular, hingga aritmia (gangguan irama jantung) atau serangan jantung. Di samping itu, manfaat dari botox hanya bersifat sementara dan dapat bertahan selama 3-12 bulan. Belum lagi botox membutuhkan biaya yang tak sedikit, untuk botox full face alias seluruh wajah biayanya berkisar 7,6 juta rupiah. Tapi, biayanya bisa berbeda-beda ya ladies, tergantung dimana lokasi klinik kecantikan tempat kamu menjalani prosedur botox, jumlah unit botox yang termasuk ke dalam perawatan, dan siapa yang menjalankan prosedur botox tersebut.

2. Filler wajah

Filler merupakan zat pengisi jaringan lunak yang berfungsi menambah volume atau kepadatan yang dimasukan melalui suntikan di permukaan kulit. Biasanya disuntikkan di area wajah atau payudara.

Pro: Prosedur kecantikan yang satu ini cukup populer dan banyak digandrungi artis ataupun selebriti, karena diklaim bisa memberikan berbagai manfaat seperti membantu menghilangkan keriput, memperbaiki bentuk wajah tanpa perlu operasi, dan menyamarkan bekas luka.

Kontra: Hasil suntikan filler ini bersifat sementara, biasanya bertahan selama 6 bulan hingga 1 tahun. Selain itu, ada beberapa efek samping yang mungkin timbul seperti kulit kemerahan dan bengkak, timbul bekas luka di area suntikan, alergi, infeksi, hingga kebutaan. Risiko lainya yang mungkin terjadi ialah bentuk wajah yang asimetris, di mana bentuk wajah tidak sesuai harapan, misalnya bibir terlalu tebal atau dagu terlalu lancip. Di samping itu, kamu juga perlu merogoh kocek yang tak sedikit untuk melakukan filler wajah, kamu mungkin perlu mengeluarkan sekitar 3,5 – 11 juta rupiah. Harga ini tentu bervariasi ya, tergantung dari jenis filler dan merek yang digunakan.

3. Suntik kurus

Suntik kurus atau disebut juga lipotropic injections, merupakan metode penurunan berat badan dengan cara menyuntikkan vitamin, nutrisi, dan bahan lainnya yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Beberapa zat yang umumnya disuntikkan berupa vitamin B12, vitamin B6, vitamin B kompleks, asam amino rantai bercabang, L-karnitin, phentermine, kombinasi metionin, inositol dan kolin. Suntikan biasanya dikaukan di area yang banyak mengandung lemak subkutan seperti paha, perut atau bokong.

Pro: Suntik kurus membantu mengurangi lemak tubuh, dengan menyuntikkan zat-zat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, termasuk pembakaran lemak tubuh.

Kontra: Suntik kurus saja tidak serta merta membuat tubuh lebih kurus, karena perlu dilengkapi dengan aspek penurunan berat badan seperti diet defisit kalori dan olahraga. Selain itu, penggunaan obat-obatan seperti phentermine berpotensi menimbulkan efek samping seperti kecemasan, sembelit, diare, mulut kering, peningkatan denyut jantung, dan insomnia. Banyak cairan suntik kurus dijual dengan harga 150-500 ribuan, namun belum terbukti keamanannya. Dan perlu diingat bahwa suntik kurus tidak boleh dilakukan sembarangan, harus dilakukan oleh seorang dokter atau ahli yang memang bersertifikasi ya ladies.

4. Liposuction atau sedot lemak

Liposuction adalah prosedur pembedahan yang menggunakan teknik penyedotan untuk menghilangkan lemak di area tubuh tertentu, seperti perut, pinggul, paha, bokong, lengan, atau leher. Sedot lemak ditujukan untuk mengubah bentuk tubuh, hasilnya umumnya bertahan lama, asalkan mampu menjaga berat badan tetap sehat.

Pro: Membantu menghilangkan lemak tubuh di area tertentu yang sulit hilang dengan olahraga atau diet, dan membantu memperbaiki bentuk tubuh.

Kontra: Meskipun aman dilakukan, ada beberapa keluhan atau komplikasi pascaoperasi yang dapat terjadi, seperti nyeri, bengkak, mati rasa, dan memar. Ada pula beberapa efek samping lain yang mungkin timbul, seperti kulit tidak merata pasca pembedahan, infeksi atau pendarahan, atau alergi obat bius. Risiko lainnya yaitu masalah pada bentuk yang kurang proporsional. Walaupun bisa membantu menghilangkan lemak, tapi sedot lemak bukanlah metode utama untuk mengatasi berat badan berlebih, apalagi jika kamu tidak melakukan olahraga rutin dan menerapkan diet sehat. Selain itu, tidak semua orang boleh melakukan prosedur sedot lemak, hanya orang dengan kriteria tertentu yang boleh menjalankan prosedur ini, yaitu orang dewasa yang memiliki berat badan kurang lebih 30% di atas berat badan idealnya, memiliki kulit yang kencang dan elastis, tidak merokok, dan tidak menderita penyakit berbahaya. Biaya untuk melakukan prosedur sedot lemak sangat fantastis, di Indonesia berkisar antara 40-70 juta rupiah, belum termasuk biaya rawat inap ya ladies.

Nah, ladies itulah beberapa pro dan kontra dari beberapa prosedur kecantikan untuk mendapatkan bentuk tubuh dan wajah ideal. Ingat ladies, semua prosedur tersebut harus dilakukan oleh dokter kecantikan atau ahli yang bersertifikasi ya.

Meskipun instan, namun ada beberapa risiko atau efek samping yang mungkin timbul. Selain itu, untuk melakukan berbagai prosedur tersebut tidaklah murah, tapi membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi hasilnya kebanyakan hanya bersifat sementara, sehingga untuk menjaganya tetap sustain kamu perlu melakukan perawatan lanjutan. Selain itu, kamu juga perlu menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur guna menjaga berat badan dan tubuhmu tetap sehat.

Ladies, pada akhirnya apapaun perawatan yang kamu lakukan, kamu tetap perlu menjalani pola hidup sehat, dengan makan makanan sehat serta olahraga rutin. Menjalani diet sehat dan olahraga bisa membantumu dalam mencapai bentuk tubuh ideal. Meskipun memang prosesnya tidaklah instan. Tapi, bukan itu saja manfaat yang bisa kamu dapatkan, dengan menerapkan pola hidup sehat tubuhmu akan lebih sehat dan bugar, serta terhindar dari risiko penyakit, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stroke, dll. Konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur juga bisa membantu memperlambat penuaan dini.

Jadi, kamu pilih cantik instan atau alami ladies?

Untuk kamu yang ingin cantik secara alami, yuk mulai jaga pola makan dan olahraga secara teratur. Jaga asupan kalori harianmu, perbanyak konsumsi makanan utuh, terutama sayur dan buah yang kaya vitamin, mineral dan antioksidan untuk menjaga kulit tetap sehat, serta batasi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula ya. Lakukan olahraga kardio secara teratur minimal 150 menit seminggu dan latihan kakuatan untuk mengencangkan otot tubuh 2-3 kali seminggu. Jangan lupa konsultasikan kebutuhan gizimu dengan Ahli Gizi ya. 

Sumber:

Alodokter.com. (2022). Sedot Lemak, Ini yang Harus Anda Ketahui.  [online] Tersedia di: https://www.alodokter.com/sedot-lemak-ini-yang-harus-anda-ketahui

Caporuscio, J. (2023). What to know about lipotropic injections. [online] Tersedia di: https://www.medicalnewstoday.com/articles/lipotropic-injections

Christiano, D. (2019). Side Effects of Facial Fillers. [online] Tersedia di: https://www.healthline.com/health/facial-fillers-side-effects

Mayo Clinic. (2023). Liposuction. [online] Tersedia di: https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/liposuction/about/pac-20384586

NHS. (2019). Liposuction. [online] Tersedia di: https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/cosmetic-surgery/liposuction   https://www.healthline.com/health/mesotherapy

Nichols, H. (2023). Botox: Cosmetic and medical uses. [online] Tersedia di: https://www.medicalnewstoday.com/articles/158647 

Puji, A. (2022). Serba-serbi Filler dari Manfaat hingg Efek Sampingnya. [online] Tersedia di: https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/efek-samping-suntik-filler-wajah/

Artikel Lainnya