DIET GOLONGAN DARAH: BENAR NGGAK SIH GOLONGAN DARAHMU MENENTUKAN JENIS MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI?

Ladies, pernahkah kamu mendengar bahwa golongan darah menentukan jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi? Ini adalah hal yang diyakini oleh para pengikut diet golongan darah. Mereka percaya bahwa mengonsumsi makanan tertentu sesuai dengan golongan darah akan membuat seseorang lebih sehat.

Tapi, apa sih sebenarnya diet golongan darah itu? Cari tahu informasi lengkapnya dalam ulasan berikut yuk ladies!

Apa Itu Diet Golongan Darah?

Diet golongan darah pertama kali dikembangkan pada tahun 1996 oleh seorang Dokter Naturopati bernama Peter D’Adamo dan dipopulerkan melalui bukunya yang berjudul “Eat Right for Your Type”. Diet ini didasarkan pada teori bahwa golongan darah menentukan jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Gagasan di balik diet ini, yaitu bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung lektin (sejenis protein) yang tidak sesuai dengan golongan darah seseorang dapat menyebabkan penggumpalan sel darah (aglutinasi), dan mengakibatkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, ginjal, atau kanker. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang cukup kuat untuk mendukung klaim tersebut.

Apa yang Boleh Dikonsumsi?

Dalam diet ini, jenis makanan yang boleh dikonsumsi harus disesuaikan dengan tipe golongan darah. Berikut ini rekomendasi jenis makanan yang dapat dikonsumsi berdasarkan masing-masing tipe golongan darah:

  • Golongan Darah A: Menurut D’Adamo, orang dengan golongan darah A cenderung berisiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Orang dengan golongan darah A disebut “agrarian”. Mereka dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berbasis tanaman (plant-based diet) dan menghindari makanan berbasis hewani, termasuk susu.
  • Golongan Darah B: Orang dengan golongan darah B memiliki sistem kekebalan yang kuat dan sistem pencernaan yang toleran, serta lebih mudah beradaptasi dibandingkan golongan darah lainnya. Namun, mereka lebih rentan terhadap gangguan autoimun, seperti lupus misalnya. Orang dengan golongan darah B dijuluki sebagai “nomad”. Jenis makanan yang dapat dikonsumsi pun beragam, termasuk sayuran, buah-buahan, gandum, oat, legum, daging, unggas, ikan, telur, dan susu, tapi hindari kacang pohon dan biji-bijian.
  • Golongan Darah AB: Orang dengan golongan darah AB cenderung memiliki tingkat alergi yang lebih rendah, tetapi cenderung berisiko terkena anemia, penyakit jantung, dan kanker. Mereka disebut “enigma”, dapat mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah A dan B, termasuk seafood, tahu, susu, kacang-kacangan dan biji-bijian, tapi hindari kacang merah, jagung, daging sapi, dan ayam.
  • Golongan Darah O: Orang dengan golongan darah O cenderung memiliki masalah Kesehatan yang berkaitan dengan asma, demam, dan alergi, serta radang sendi. Mereka disebut sebagai “hunter”, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein yang Sebagian besar berupa daging, ikan, unggas, serta sayuran dan buah-buahan tertentu, namun mereka harus membatasi konsumsi biji-bijian, legum, dan susu.

Ladies, sejauh ini belum ada penelitian yang cukup untuk mendukung efektifitas diet golongan darah. Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa apabila kamu mengonsumsi makanan sesuai diet yang dianjurkan untuk golongan darah A, B, AB, dan O, kamu akan mendapatkan manfaatnya tidak peduli apapun tipe golongan darahmu. Contohnya, jika kamu memiliki tipe golongan darah B, tapi kamu menjalani diet yang dianjurkan untuk tipe golongan darah A, maka kamu akan tetap mendapatkan manfaat dan risiko dari diet yang kamu jalani. Golongan darah, tidak memengaruhi respons tubuh terhadap makanan, sehingga tidak ada alasan untuk memilih diet tertentu berdasarkan golongan darah.

Sumber:

Cleveland Clinic. (2023). The Blood Type Diet: Does It Really Work?. [online] Tersedia di: https://health.clevelandclinic.org/blood-type-diet/

Leech, J. (2017). The Blood Type Diet: An Evidence-Based Review. [online] Tersedia di: https://www.healthline.com/nutrition/the-blood-type-diet-review

MacPherson, R. (2022). What Is The Blood Type Diet?. [online] Tersedia di: https://www.verywellfit.com/the-blood-type-diet-89893

Artikel Lainnya