BUAT CAMILAN DIETMU SENDIRI YUK! PEANUT BUTTER BANANA CREPES

Girls, siapa nih yang suka makan crepes? Kalau sedang diet apa boleh makan crepes? Boleh kok, tapi tetap perhatikan jumlah dan kalorinya ya girls. Jika kamu khawatir kandungan kalori crepes yang kamu makan berlebih, kamu bisa membuatnya sendiri kok. Penasaran bagaimana caranya?

Simak resep berikut yuk!

Peanut Butter Banana Crepes

Jumlah Sajian: 10 buah

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir tepung gandum utuh
  • 1 sachet WRP Low Fat Milk Vanilla, seduh dengan 150 ml air
  • 1 telur ukuran besar
  • Sejumput garam
  • 5 sdm selai kacang
  • 1 pisang ukuran besar, iris tipis

Cara Membuat:

  1. Siapkan mangkuk atau wadah berukuran sedang, campurkan tepung gandum, WRP Low Fat Milk Vanilla, telur dan garam. Aduk sampai tercampur rata. Konsistensi akhir harus sedikit lebih encer dibandingkan adonan pancake, jadi kamu bisa menambahkan sedikit air jika perlu dan aduk rata hingga kekentalan yang diinginkan.
  2. Diamkan adonan selama 5 menit, tutupi mangkuk dengan kain tipis atau plastic wrap.
  3. Panaskan wajan anti lengket berukuran besar di atas api sedang, semprotkan minyak goreng atau oles sedikit mentega hingga meleleh.
  4. Tuangkan sedikit adonan (sekitar ¼ cangkir per crepes) ke atas wajan yang telah panas, ratakan adonan dengan cara memutar wajan.
  5. Masak 1 – 2 menit, hingga sisi bagian bawah kecoklatan, kemudian balik crepes dengan spatula, masak sekitar 30-60 detik hingga kecoklatan dan matang merata.
  6. Ulangi dengan sisa adonan yang ada, hingga menjadi 10 buah crepes.
  7. Setelah selesai membuat crepes, lanjutkan dengan memberikan topping Oleskan setiap crepes dengan 1 sdt selai kacang dan tambahkan irisan pisang, kemudan lipat crepes menjadi 2 atau 4 bagian sesuai selera.

Dalam 1 buah Peanut Butter Banana Crepes ini mengandung kalori sekitar 112 kkal, dengan kandungan gizi lainnya sebagai berikut:

  • Lemak Total : 5 g
  • Karbohidrat : 13 g
  • Protein : 4 g
  • Serat : 2 g
  • Gula : 2 g
  • Natrium : 62 mg
  • Kalsium : 57 mg
  • Zat Besi : 1 mg
  • Kalium : 174 mg

Mudah bukan girls?

Selain kalorinya terkontrol, penggunaan bahan-bahannya seperti tepung gandum utuh, selai kacang dan pisang memberikan manfaat untuk kesehatanmu loh girls.

Tepung gandum utuh dan pisang kaya akan serat yang dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, selain itu serat juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil agar terhidar dari risiko diabetes. Tepung gandum utuh dan pisang juga banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Selain itu, pada pisang mengandung mineral kalium yang bermanfaat untuk membantu menngatur tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular, sehingga terhindar dari risiko hipertensi. Kalium pada pisang juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, terutama bagi penderita diare, sebab kalium pada pisang bisa menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Sementara selai kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein, protein ini membuatmu merasa kenyang lebih lama dan juga bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, selai kacang juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), niasin, magnesium, dan vitamin E yang turut berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Wah ternyata banyak juga ya manfaatnya. Selain menggunakan pisang sebagai topping, kamu juga bisa memvariasikannya dengan buah-buahan lain, seperti aneka buah beri yang kaya antioksidan, juga bisa ditambahkan dengan dark chocolate atau kacang almond yang di cincang halus.

Jadi gimana nih girls, apa kamu tertarik membuatnya?

Sumber:

Healthline.com. (2019). 9 Health Benefits of Eating Whole Grains. [online] Tersedia di: <https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-whole-grains> [Diakses pada 30 September 2021].

Medicalnewstoday.com. (2018). Is peanut butter good for you?. [online] Tersedia di: <https://www.medicalnewstoday.com/articles/323781> [Diakses pada 30 September 2021].

Medicalnewstoday.com. (2020). Benefits and health risks of bananas. [online] Tersedia di: <https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157> [Diakses pada 30 September 2021].

Verywellfit.com. (2021). Whole-Wheat Peanut Butter Banana Crepes. [online] Tersedia di: <https://www.verywellfit.com/whole-grain-peanut-butter-banana-crepes-4142895> [Diakses pada 30 September 2021].

Artikel Lainnya