YUK SEDIAKAN WAKTU UNTUK SKIPPING DI RUMAH AJA

Ladies, semenjak pandemi ini kita diwajibkan untuk membatasi kegiatan di luar ruangan termasuk berolahraga. Kegiatan yang banyak dihabiskan di dalam rumah dan serba online sekarang ini membuat kita semakin malas bergerak dan menikmati waktu untuk rebahan. Padahal dengan kita berolahraga rutin tubuh pun akan menjadi sehat karena terjadi pertukaran oksigen yang baik dan segudang manfaat lainnya. Kamu juga bisa mencari olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di dalam rumah seperti skipping.

Olahraga satu ini memang terlihat mudah, karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Tak perlu mengeluarkan biaya mahal, cukup menggunakan alat skipping untuk memulai olahraga satu ini. Selain itu, olahraga ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti:

  • Menjaga maupun Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa skipping adalah salah satu gerakan kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu dengan melakukan skipping selama sepuluh menit setiap hari. Lompat tali atau skipping dapat membakar kalori dalam tubuh sebanyak 200–300 kalori selama 15 menit berlatih.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Latihan yang mengulang gerakan melompat dengan cepat membuat jantung akan berdetak dan memompa darah. Hal ini akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta kesehatan jantung. Bagi kamu yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular, kamu bisa melakukan olahraga rutin ini agar terhindar dari berbagai risiko.

  • Menjaga keseimbangan

Manfaat skipping dapat meningkatkan koordinasi dalam tubuh Anda. Gerakan lompat tali ke atas dan ke bawah dengan cepat memang terlihat sederhana. Namun, gerakan inilah yang dapat meningkatkan koordinasi seluruh tubuh Anda agar dapat melakukannya.
Gerakan memutar tali yang berulang-ulang sambil melompat tepat pada saat tali akan melewati kaki anda mengharuskan seluruh tubuh untuk bekerja sinkron. Selain itu juga dapat meningkatkan kinerja otak Anda. Gerakan pada lompat tali akan meningkatkan keseimbangan tubuh, koordinasi tubuh, refleks, kepadatan tulang, dan daya tahan otot. Sedangkan bagi otak, koordinasi seluruh tubuh dan gerakan melompat yang terus menerus membuat otak harus bekerja lebih keras untuk mengatur ritme gerakan tubuh.

Untuk kamu yang ingin melakukan skipping di rumah, kamu bisa  melakukan tips ini:

  1. Skipping sebaiknya dilakukan sebentar saja, karena apabila terlalu lama, kamu akan merasa lelah. Melakukan lompat tali usahakan dalam waktu sekitar 5–15 menit setiap sesinya. Setelah 15 menit, kamu perlu beristirahat sejenak dan melakukan latihan 1 sesi lagi. Banyaknya sesi yang kamu lakukan tergantung pada kekuatan tubuh Anda sendiri.
  2. Sebelum melakukan olahraga skipping, sebaiknya kamu melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu agar otot tidak cedera.
  3. Untuk gerakan lompat tali dapat kamu variasaikan. Kamu bisa melakukannya dengan dua kaki dan divariasikan dengan mengangkat satu kaki. Gerakan ini berfungsi ntuk menjaga keseimbangan.
  4. Bagi pemula atau yang belum pernah melakukan olahraga ini, kamu dapat memulainya dengan latihan skipping yang ringan terlebih dahulu. Apabila tubuh mulai terbiasa, maka tingkatkan latihan secara perlahan.
  5. Penggunaaan jenis tali skipping juga dapat memengaruhi lompatan kamu. Apabila kamu menggunakan tali yang pendek (tapi juga jangan terlalu pendek hingga kamu tidak dapat melakukan lompatan), biasanya akan membuat putaran skipping lebih cepat karena tidak terbelit-belit. Hal ini akan membuat lompatan kamu menjadi lebih sering.
  6. Kemudian jika kamu menggunakan tali skipping yang lebih berat, maka akan dapat melatih otot bahu dan tangan menjadi lebih kuat. Namun jika kamu masih pemula, pakailah tali skipping yang ringan terlebih dahulu. Apabila sudah terbiasa, baru pakailah tali yang lebih berat.
  7. Lakukan gerakan lompat tali dengan hati-hati, jangan melakukannya secara berlebihan, karena rawan terjadi keseleo apabila kesalahan kaki pada saat menumpu. Oleh sebab itu, kamu perlu utamakan konsentrasi dan fokus supaya terhindar dari cedera.

Nah itu dia, manfaat dan tips olahraga skipping yang bisa kamu ikuti. Walaupun dirumah saja, olahraganya jangan sampai kendor ya Ladies!

Sumber:

Agustin Rara, dkk. 2018. PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI MAHASISWA FK UNDIP. Jurnal Kedokteran Diponegoro Vol 7 No 4. (diakses tanggal 19 Juli 2021 http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico )

Pramudani Ardita, dkk. 2018. PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP VERTICAL JUMP MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal Kedokteran Diponegoro Vol 7 No 4. (diakses tanggal 19 Juli 2021 http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico )

Artikel Lainnya