Fakta Menarik Si Manis Croffle

Croffle merupakan salah satu makanan pastry dari negeri gingseng yang sedang viral dan memiliki konsep perpaduan antara croissant dan waffle. Cara buatnya cukup mudah yaitu memasukkan adonan croissant ke dalam cetakan waffle. Croffle ini memiliki tekstur padat daripada croissant pada umumnya dan cocok sekali dijadikan sebagai makanan selingan atau pendamping berbagai minuman, seperti kopi.

Memiliki cita rasa yang manis, snack satu ini cocok sekali buat kamu si pecinta manis. Selain itu, kamu bisa menambahkan berbagai topping untuk dinikmati bersama croffle ini Girls seperti Nutella, Maple Syrup, Ricing Sugar, bahkan ice cream. Tak heran nilai gizi dari croffle ini cukup tinggi loh Girls, kita liat kandungan zat gizinya yuk :

1. Kalori dan Lemak Tinggi

Kalori dari Croffle sendiri sekitar 300-500kkal, tergantung dari topping yang akan kamu pilih. Untuk ukuran konsumsi sebuah makanan selingan, croffle ini terbilang memiliki kalori yang cukup tinggi. Disusul dengan kandungan lemak 20 gram, dan sumber lemaknya berasal dari lemak jenuh. Studi menyatakan batasan kalori maksimal konsumsi makanan selingan adalah 10% dari kalori total harian.

2. Kandungan Gula Tinggi

Makanan satu ini terkenal dengan rasanya yang manis, untuk croffle sendiri bisa kandungan gulanya bisa mencapai 20 gram loh Girls, tentu ini sesuai dengan resep dan topping yang digunakan ya. Untuk batasan dari konsumsi gula sendiri hanya sekitar 50gr/hr. Artinya, hampir setengah kebutuhan gula sudah dipenuhi dengan memakan croffle ini ya Girls.

3. Serat yang Rendah

Kebutuhan serat untuk perempuan dewasa adalah sekitar 25 gr/hari. Sumber serat bisa didapat dari sayuran, buah, makanan sumber karbohidrat. Namun, untuk croffle sendiri memiliki kandungan serat yang rendah, karena bahan utama dari makanan ini merupakan tepung dan gula sehingga serat yang dihasilkan hanya sekitar 2gr/porsinya.

Nah itu dia fakta dari croffle Girls, apabila kamu ingin menyantap kudapan ini, pastikan jangan berlebihan ya Girls. Ingat pada prinsip 20% untuk soul food dan 80% untuk whole food. Tetap ingat prinsip gizi seimbang. Semangat Girls!

 

Sumber :

Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan, Almatsier Sunita, 2011. PT Gramedia Pustaka Utama

Share:

Copyright © 2020 Swift | ICUBE Inc.