MINUM SUSU SEBELUM TIDUR MEMBANTUMU LEBIH NYENYAK

Girls, kurang tidur bisa menyebabkan kamu kurang bertenaga untuk menjalani aktivitas, membuatmu kurang fokus, sehingga membuatmu kurang produktif dan mungkin berada dalam risiko bahaya seperti kecelakaan. Kuang tidur juga berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan obesitas.

Banyak cara yang dilakukan untuk bisa mendapatkan tidur yang nyenyak, salah satunya dengan minum susu sebelum tidur. Minum segelas susu sebelum tidur dipercaya dapat membuat tubuhmu lebih relaks, menghilangkan kecemasan, dan membuat tidurmu lebih nyenyak. Benarkah demikian? Simak ulasan lengkapnya yuk!

Bagaimana Minum Susu Bisa Membuatmu Tidur Lebih Nyenyak?

Minum susu sebelum tidur bisa membuat tidurmu lebih nyenyak. Ini semua berkat senyawa yang terdapat di dalam susu yaitu triptofan dan melatonin. Triptofan adalah asam amino yang ditemukan dalam berbagai makanan yang mengandung protein. Triptofan berperan dalam produksi neurotransmitter yang dikenal sebagai serotonin. Serotonin dapat meningkatkan mood, meningkatkan relaksasi, dan berfungsi sebagai precursor dalam produksi hormon melatonin. Melatonin juga dikenal sebagai hormon tidur yang dilepaskan oleh otak. Hormon ini membantu mengatur ritme sirkadian dan mempersiapkan tubuh memasuki siklus tidur.

Penelitian yang dilakukan pada lansia yang berusia 65 tahun ke atas menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi produk susu termasuk susu, yogurt dan keju sebelum tidur dan berolahraga secara teratur lebih mudah tertidur daripada mereka yang tidak. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa susu dapat membantu seseorang mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Karena membuatmu tidur lebih nyenyak, minum susu sebelum tidur membuatmu lebih berenergi saat bangun tidur. Minum susu sebelum tidur juga bisa membantu mengurangi rasa lapar di malam hari. Ini berkat kandungan protein di dalam susu yang bermanfaat untuk membuatmu kenyang lebih lama. Kandungan protein susu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ototmu. Selain itu, susu juga kaya akan kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, minumsusu sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Minum susu sebelum tidur akan membantu usus lebih aktif di malam hari, sehingga BAB (buang air besar) lebih lancar di pagi hari.

Lebih Baik Susu Hangat atau Susu Dingin?

Memang belum ada penelitian yang membuktikan susu hangat lebih baik dibandingkan susu dingin. Namun, kebiasaan minum minuman hangat seperti susu, teh, atau yang lainnya di malam hari dapat mengurangi kecemasan dan stres, serta membuaatmu lebih relaks. Cairan hangat dapat memiliki efek menenangkan pada sistem saraf dan mungkin lebih efektif untuk membuatmu tertidur dibandingkan minuman dingin. Meski demikian, mungkin hasilnya berbeda-beda pada setiap orang. Agar mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi susu sekitar 2 – 3 jam sebelum tidur.

Girls, mengonsumsi susu sebelum tidur mungkin bisa membantumu memiliki tidur yang lebih nyenyak. Namun, ada beberapa makanan lain yang kaya akan triptofan yang bisa membantumu tidur lebih nyenyak seperti kacang tanah, biji labu, kacang kedelai, ikan, dan ayam. Selain mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung triptofan, kamu juga bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dengan berolahraga secara teratur, hindari konsumsi kafein sebelum tidur, dan menjauhkan hal-hal yang bisa mendistraksimu sebelum tidur, seperti gadget dan televisi. Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, mungkin kamu bisa mematikan lampu sebelum tidur atau mendengarkan musik pengantar tidur.

Sumber:

Anlene. (2021). Minum Susu Sebelum Tidur: 5 Manfaat untuk Anda!. [online] Tersedia di: <https://www.anlene.com/id/ms/minum-susu-sebelum-tidur.html>  [Diakses pada 5 Januari 2022].

Chattu, V., Manzar, M., Kumary, S., Burman, D., Spence, D. and Pandi-Perumal, S., 2018. The Global Problem of Insufficient Sleep and Its Serious Public Health Implications. Healthcare, 7(1), p.1. DOI: 10.3390/healthcare7010001

Fakhr-Movahedi, A., Mirmohammadkhani, M., & Ramezani, H. (2018). Effect of milk-honey mixture on the sleep quality of coronary patients: A clinical trial study. Clinical Nutrition ESPEN, 28, 132–135.https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30390870/

Hill, A. (2020). Should You Drink Milk Before Bed?. [online] Tersedia di: <https://www.healthline.com/nutrition/drinking-milk-before-bed> [Diakses pada 5 Januari 2022].

Kitano, N., Tsunoda, K., Tsuji, T., Osuka, Y., Jindo, T., Tanaka, K., & Okura, T. (2014). Association between difficulty initiating sleep in older adults and the combination of leisure-time physical activity and consumption of milk and milk products: A cross-sectional study. BMC Geriatrics, 14, 118.https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25407520/

Pacheco, D. (2021). Does Warm Milk Help You Sleep?. [online] Tersedia di: <https://www.sleepfoundation.org/nutrition/does-warm-milk-help-you-sleep> [Diakses pada 5 Januari 2022].

Artikel Lainnya